Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Mengapa Perlu Jasa Arsitek?

26 September 2022    Desain dan Konsep
Ditulis oleh Sang Ayu K. Lindiani, S.Ars  

Sebagian orang mungkin tidak berpikir panjang sebelum membangun property, langsung bangun, yang penting bisa ditempati. Hal ini sebenarnya sah-sah saja apalagi jika budget pada saat itu sangat terbatas sehingga tidak memikirkan kualitas. Namun jika Anda berpikir lebih mendalam, Anda sebenarnya dapat membuat suatu property yang lebih berkualitas, lebih bernilai, dan lebih sesuai dengan kehidupan Anda meski dengan budget pembangunan yang sama. Bagaimana caranya?

Berkonsultasilah dengan jasa arsitek profesional, karena dengan jasa arsitek yang profesional, Anda akan mendapatkan berbagai informasi penting mengenai desain rumah hingga pembangunan, serta mendapatkan sebuah rancang desain yang sesuai dengan kebutuhan. Jika tanpa jasa arsitek terkadang banyak space / ruang lahan yang terbuang, adanya gang-gang sempit, adanya ruang tanpa mendapat akses udara dan cahaya yang semestinya, adanya kesalahan tata letak, dsb.nya.

Apakah itu menjadi permasalahan besar? Tentu. Property atau rumah yang salah perencanaan dapat mendatangkan becana dan atau kerugian di kemudian hari. Berikut ini bahaya dari salah perencanaan dalam pembangunan property atau rumah:

1. Pemborosan Akibat Salah Desain

Ini biasanya terjadi jika klien hanya menggunakan jasa tukangan tanpa ada berkonsultasi dengan jasa arsitek, jasa pengawas. Karena tukang di Indonesia pada umumnya (tidak semua) memiliki tingkat pengetahuan dan pendidikan yang minim, sehingga memberikan perhitungan atau keterangan yang tidak lengkap atau malah keliru. Ada juga tukang yang tidak dapat menyelesaikan kontruksi akibat tidak bisa memberikan perencanaan yang tepat. Tanpa perencanaan yang tepat dari sang arsitek profesional, biaya suatu pembangunan property dapat membengkak drastis. Jika klien tidak memiliki dana "kaget" maka sangat besar kemungkinannya proyek akan macet ditengah jalan alias mangkrak.

2. Terjadinya Kesalahan Struktur (Pondasi, Kolom, Balok, Pembesian, dll)

Jika tidak menggunakan jasa arsitek, kemungkinan besar klien akan menerapkan pembangunan yang membahayakan klien itu sendiri. Dengan struktur yang asal-asalan, bisa saja property Anda tidak bertahan lama atau bahkan roboh ketika ada goncangan sedikit saja. Property yang dirancang oleh arsitek berpengalaman akan mencegah berbagai permasalahan teknis yang biasanya terjadi di lapangan. Misalnya untuk menghindari terjadinya kesalahan struktur, sang arsitek yang baik selalu berdiskusi dengan ahli struktur berpengalaman.

3. Pembongkaran Akibat Ketidak-sesuaian Maksud Pemilik

Tanpa gambar konsep denah dan gambar teknis yang lengkap, sangat riskan memicu kesalah pahaman antara klien dengan tukang atau pemborong atau kontraktor. Klien bermaksud hasilnya A si pelaksana membangun dengan hasil B. Jika hal ini terjadi klien hanya punya 2 pilihan. Pasrah dan meratapi hasilnya atau terpaksa membongkar dan membangun ulang. Hal ini sangatlah merugikan waktu, uang, dan tenaga, jauh lebih besar daripada biaya untuk menggunakan jasa arsitek.

4. Property yang Tidak Nyaman

Bagaimana perasaan Anda jika memiliki rumah atau property yang tidak nyaman dari sisi tata ruang yang sembraut dan tidak karuan? Kemungkinan besar Anda akan merasa tidak betah tinggal berlama-lama di tempat itu ataupun hidup Anda jadi tidak efektif dan tidak efisien. Kalo sudah begini, bukankah sia-sia rasanya investasi besar Anda?

5. Property yang Jelek dan Tidak Berestetika

Apakah Anda ingin membangun rasa bangga atau rasa malu? Itu tergantung klien. Untuk memiliki rumah atau property yang cantik dan membanggakan, klien sangat memerlukan bantuan dari jasa arsitek berpengalaman.

6. Dibangun Mahal, Dijual Tidak Laku

Hal ini sering terjadi jika klien hanya ingin cepat mendapat cash flow dengan membuat property secara cepat tapi direncanakan dengan asal-asalan tanpa konsultan arsitek. Mungkin saja klien diberikan informasi biaya yang kemahalan dari apa yang seharusnya, namun, biaya mahal tersebut tidak diimbangin dengan value atau nilai yang dihasilkan. Seberapapun mahal dan besarnya investasi property Anda, jika strukturnya salah atau tidak aman, tata ruangnya amburadul, estetikanya kurang atau tampilannya jelek, maka siap-siap property tersebut tidak laku dijual ataupun harus dijual dengan banting harga.

7. Hemat Tidak Menggunakan Jasa Arsitek, Tapi Boros Renovasi di Sana-Sini

Anda mungkin bisa saja hemat beberapa persen (persentase arsitek biasanya kurang lebih 5% dari nilai RAB), namun property yang dibangun tanpa perencanaan matang dari arsitek biasanya rentan menimbulkan masalah. Masalah-masalah yang muncul bahkan bisa menggerus keuangan Anda jauh lebih banyak. Misalkan ada kesalahan struktural, maka mau tidak mau Anda harus renovasi demi keselamatan Anda dan keluarga, biayanya bisa mencapai lebih dari 50% dari dana sebelumnya yang sudah dikeluarkan. Apakah bijak mempertaruhkan segalanya hanya demi hemat sedikit? Ini kembali kepada Anda.

Coba bayangkan berapa besar uang yang dikeluarkan untuk membangun property atau rumah, jika salah perencanaan, bisa membuat kerugian besar. Jasa arsitek mungkin terlihat mahal, tapi ingatlah di sebuah desain hasil arsitek berpengalaman dapat memberikan keamanan, kenyamanan, keindahan, kesesuaian, dan nilai investasi yang jauh lebih bernilai dari investasi yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa arsitek. Rumah atau Property yang bentuk dan tata ruangnya bagus pasti dihargai lebih mahal.

Pastikan Anda menggunakan jasa arsitek yang profesional, berbadan usaha/hukum, berpengalaman, serta memiliki hasil desain yang berkualitas. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai desain rumah, atau property lainnya seperti perumahan, ruko, kos, guest house, villa, resort, apartement, hotel, restaurant, spa dll. Silakan hubungi kami.

Desain eksterior rumah dengan arsitek

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

video LAINNYA
BACA JUGA:
21 Januari 2022  
25 Januari 2022  
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami