Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Memasang Lantai Kayu pada Desain Rumah Tropis

Memasang  Lantai Kayu pada Desain Rumah Tropis
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Desain rumah tropis adalah gaya bangunan yang dirancang untuk teknologi rendah, untuk lokasi panas dan lembab. Bangunan biasanya dirancang untuk mengalirkan air dengan konvensi daripada penggunaan sistem pendingin buatan. Yang menarik dari desain ini biasanya memakai lantai kayu. Memasang lantai kayu bukan proyek rumah yang mudah dan Anda mungkin dapat memilih produk setengah jadi. Perlu keahlian pengamplasan, pewarnaan dan finishing lantai untuk rumah baru Anda. Berikut akan kami paparkan langkah pemasangan lantai kayu pada rumah Anda :

Langkah 1 : Langkah pertama adalah memilih jenis lantai kayu keras yang Anda inginkan. Anda dapat memilih dari setengah jadi, laminasi strip/direkayasa dan papan yang terbuat dari kayu solid atau kayu lapis tipis. Lantai setengah jadi terdiri dari berbagai warna noda dan ketebalan tepinya. Jika ruangan yang ingin Anda pasang lantai kayu cukup luas, perhitungkan ketebalannya. Pilihlah yang lebih tipis yang akan sangat mengurangi biaya. Perlu diingat bahwa lantai kayu solid tidak dianjurkan untuk ruang bawah tanah.

Langkah 2 : Selanjutnya Anda perlu mencari tahu berapa banyak lantai yang Anda butuhkan untuk. Cukup mengukur lebar dan panjang ruangan dan kalikan untuk mendapatkan total luas. Ingat untuk memesan tambahan 10%, karena jika Anda harus menyusun ulang , Anda mungkin tidak akan mendapatkan tipe yang sama persis.

Pastikan bahwa bahan kayu ditumpuk di ruangan dimana akan dipasang selama setidaknya dua minggu sebelum dipasang sehingga kayu dapat beradaptasi dengan suhu rumah Anda. Penyesuaian yang tepat membantu mengurangi gerakan papan, memuai berlebihan dan kesenjangan setelah instalasi.

Instalasi lantai kayu adalah proyek yang sulit untuk rumah Anda, tapi dengan alat yang tepat dan kesabaran Anda dapat menghemat uang dan membuat lantai baru yang indah. Untuk berbagai pilihan kayu yang keras Anda dapat memilih jati, merbau, oak, beech, bengkirai, sonokeling, dll

Langkah 3 : Jika sebelumnya sudah terpasang lantai kayu dan Anda ingin mengganti, Ini relatif mudah karena lantai kayu setengah jadi dapat diinstal di atas lantai kayu tua atau di atas kayu lapis. Pastikan lantai Anda benar-benar bersih, karena bahkan benjolan terkecil dapat menyebabkan lantai Anda tidak rata.


Langkah 4 : Untuk membantu melawan kelembaban dan mengurangi memuai, Anda perlu menginstal sebuah penghalang antara lantai dan sub-lantai. Direkomendasikan menggunakan kertas hitam untuk memberikan perlindungan terhadap uap air atau kertas rosin merah jika kelembaban sangat tinggi.

Langkah 5 : Ketika memutuskan bagaimana tata letak lantai Anda, ada dua aturan dasar praktis tergantung pada tampilan dan gaya yang ingin Anda capai. Kebanyakan produsen lantai kayu menyarankan Anda untuk menginstal lantai kayu keras di seluruh balok lantai (tegak lurus) untuk menambah stabilitas dan penguatan, lantai cenderung lebih menarik dan lebih mudah untuk memasang. Pastikan untuk menandai lokasi setiap lantai balok dengan garis kapur dan membuat jarak sekitar setengah inci dari dinding, karena lantai kayu akan memuai dan sebaiknya tanyakan ke produsen untuk pemuaian berbagai tipe kayu.

Langkah 6 : Ketika memasang lantai, Anda akan bekerja dengan meletakkan deretan papan kotak kecil yang longgar atau papan lebar di seluruh lantai. Pekerjaan Anda yang paling menantang selanjutnya adalah memaku dari atas. Sebelum memaku kayu adalah mengebor dengan pas dan dengan tidak merusak permukaan kayu. Pekerjaan ini lumayan sulit dan harus dikerjakan oleh ahlinya.

Cara lain untuk menginstal lantai adalah metode lem tetapi perlu kayu tambahan di bawahnya yang sudah terpasang.

Langkah 7 : Sekarang saatnya untuk sentuhan akhir. Lakukan dengan cahaya yang cukup terang untuk melihat tanda kecil atau lubang paku yang dapat Anda isi dengan dempul kayu. Kebanyakan produsen menawarkan lini produk yang cocok setiap lantai. Beberapa bahkan menawarkan pencocokan dasar sehingga Anda dapat menyelesaikan proyek Anda tanpa pernah mengambil kuas.

Puluhan jenis kayu yang diproduksi di hutan bersertifikat FSC di mana pohon-pohon yang diregenerasi, keanekaragaman hayati adalah kekal, dan kualitas udara dan air yang diawetkan. Lantai kayu bersertifikat FSC datang dalam ratusan warna yang berbeda dan gaya walaupun harganya relatif lebih tinggi. Silahkan berkonsultasi dahulu dengan produsen kayu sebelum memilih kayu yang tepat untuk rumah baru Anda.

Memasang Lantai Kayu pada Desain Rumah Tropis

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Selain rutin membuat tulisan untuk blog Emporio Architect dan Emporio Interior tempatnya bekerja kini, Fairus juga beraktivitas sebagai content creator, content writer, arsitek dan interior desainer secara freelance. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi. Temui Fairus di akun Instagramnya: @fairusrizn
BACA JUGA:
Ini Tips Memilih Lahan Untuk Rumah Tinggal
Ini Tips Memilih Lahan Untuk Rumah Tinggal
  19 Januari 2021
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
  03 Mei 2014
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek