Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Memasang Lantai Kayu pada Rumah Tropis

Memasang  Lantai Kayu pada Rumah Tropis
Dipublikasikan 26 September 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Desain rumah tropis adalah gaya bangunan yang dirancang untuk teknologi rendah, untuk lokasi panas dan lembab. Bangunan biasanya dirancang untuk mengalirkan air dengan konvensi daripada penggunaan sistem pendingin buatan. Yang menarik dari desain ini biasanya memakai lantai kayu. Memasang lantai kayu bukan proyek rumah yang mudah dan Anda mungkin dapat memilih produk setengah jadi. Perlu keahlian pengamplasan, pewarnaan dan finishing lantai untuk rumah baru Anda. Berikut akan kami paparkan langkah pemasangan lantai kayu pada rumah Anda :

Langkah 1 : Langkah pertama adalah memilih jenis lantai kayu keras yang Anda inginkan. Anda dapat memilih dari setengah jadi, laminasi strip/direkayasa dan papan yang terbuat dari kayu solid atau kayu lapis tipis. Lantai setengah jadi terdiri dari berbagai warna noda dan ketebalan tepinya. Jika ruangan yang ingin Anda pasang lantai kayu cukup luas, perhitungkan ketebalannya. Pilihlah yang lebih tipis yang akan sangat mengurangi biaya. Perlu diingat bahwa lantai kayu solid tidak dianjurkan untuk ruang bawah tanah.

Langkah 2 : Selanjutnya Anda perlu mencari tahu berapa banyak lantai yang Anda butuhkan untuk. Cukup mengukur lebar dan panjang ruangan dan kalikan untuk mendapatkan total luas. Ingat untuk memesan tambahan 10%, karena jika Anda harus menyusun ulang , Anda mungkin tidak akan mendapatkan tipe yang sama persis.

Ruangan dengan lantai kayu

Pastikan bahwa bahan kayu ditumpuk di ruangan dimana akan dipasang selama setidaknya dua minggu sebelum dipasang sehingga kayu dapat beradaptasi dengan suhu rumah Anda. Penyesuaian yang tepat membantu mengurangi gerakan papan, memuai berlebihan dan kesenjangan setelah instalasi.

Instalasi lantai kayu adalah proyek yang sulit untuk rumah Anda, tapi dengan alat yang tepat dan kesabaran Anda dapat menghemat uang dan membuat lantai baru yang indah. Untuk berbagai pilihan kayu yang keras Anda dapat memilih jati, merbau, oak, beech, bengkirai, sonokeling, dll

Langkah 3 : Jika sebelumnya sudah terpasang lantai kayu dan Anda ingin mengganti, Ini relatif mudah karena lantai kayu setengah jadi dapat diinstal di atas lantai kayu tua atau di atas kayu lapis. Pastikan lantai Anda benar-benar bersih, karena bahkan benjolan terkecil dapat menyebabkan lantai Anda tidak rata.

Langkah 4 : Untuk membantu melawan kelembaban dan mengurangi memuai, Anda perlu menginstal sebuah penghalang antara lantai dan sub-lantai. Direkomendasikan menggunakan kertas hitam untuk memberikan perlindungan terhadap uap air atau kertas rosin merah jika kelembaban sangat tinggi.

Langkah 5 : Ketika memutuskan bagaimana tata letak lantai Anda, ada dua aturan dasar praktis tergantung pada tampilan dan gaya yang ingin Anda capai. Kebanyakan produsen lantai kayu menyarankan Anda untuk menginstal lantai kayu keras di seluruh balok lantai (tegak lurus) untuk menambah stabilitas dan penguatan, lantai cenderung lebih menarik dan lebih mudah untuk memasang. Pastikan untuk menandai lokasi setiap lantai balok dengan garis kapur dan membuat jarak sekitar setengah inci dari dinding, karena lantai kayu akan memuai dan sebaiknya tanyakan ke produsen untuk pemuaian berbagai tipe kayu.

Langkah 6 : Ketika memasang lantai, Anda akan bekerja dengan meletakkan deretan papan kotak kecil yang longgar atau papan lebar di seluruh lantai. Pekerjaan Anda yang paling menantang selanjutnya adalah memaku dari atas. Sebelum memaku kayu adalah mengebor dengan pas dan dengan tidak merusak permukaan kayu. Pekerjaan ini lumayan sulit dan harus dikerjakan oleh ahlinya.

Cara lain untuk menginstal lantai adalah metode lem tetapi perlu kayu tambahan di bawahnya yang sudah terpasang.

Rumah tropis dengan lantai kayu

Langkah 7 : Sekarang saatnya untuk sentuhan akhir. Lakukan dengan cahaya yang cukup terang untuk melihat tanda kecil atau lubang paku yang dapat Anda isi dengan dempul kayu. Kebanyakan produsen menawarkan lini produk yang cocok setiap lantai. Beberapa bahkan menawarkan pencocokan dasar sehingga Anda dapat menyelesaikan proyek Anda tanpa pernah mengambil kuas.

Puluhan jenis kayu yang diproduksi di hutan bersertifikat FSC di mana pohon-pohon yang diregenerasi, keanekaragaman hayati adalah kekal, dan kualitas udara dan air yang diawetkan. Lantai kayu bersertifikat FSC datang dalam ratusan warna yang berbeda dan gaya walaupun harganya relatif lebih tinggi. Silahkan berkonsultasi dahulu dengan produsen kayu sebelum memilih kayu yang tepat untuk rumah baru Anda.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Aarles Sumarten, S.S.
Arles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami