Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Berikut 6 Kelebihan Desain Rumah Hook yang Wajib Anda Ketahui!

Berikut 6 Kelebihan Desain Rumah Hook yang Wajib Anda Ketahui!
Dipublikasikan 04 Agustus 2021    Desain dan Konsep
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Pernah dengar istilah rumah hook? Jika ya, Anda pasti tahu kalau rumah yang terletak di persimpangan jalan ini kerap diperebutkan bahkan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

Lebih dari sekedar ‘rumah sudut dengan 2 fasad menghadap jalan’, rumah hook menawarkan berbagai kelebihan lain sehingga kerap dianggap sebagai desain rumah terbaik. Mengapa demikian?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini Emporio Architect akan beberkan 6 kelebihan rumah hook yang wajib Anda ketahui sehingga sering dianggap sebagai desain rumah terbaik. Berikut uraiannya!

desain rumah terbaik

1. Lahan lebih besar dan luas

Rumah hook umumnya memiliki ukuran lahan yang lebih luas sehingga bisa dibangun menjadi rumah tinggal yang lebih besar. Hal ini terjadi karena lahan hook tidak dibatasi oleh tembok rumah tetangga. Dengan begitu lahan hook bisa dibangun lebih leluasa menjadi rumah hook yang lebih besar.

2. Posisi lebih strategis – akses lebih baik

Rumah hook juga dianggap sebagai desain rumah terbaik karena posisinya yang strategis dengan akses yang lebih baik. Terletak di persimpangan dengan 2 akses jalan menjadikan rumah hook sangat strategis untuk dijadikan lahan usaha atau lokasi bisnis.

Dengan begitu, Anda bisa membuat rumah hook menjadi ruko, butik, klinik, kantor, salon, vet dan sebagainya hingga menyediakan papan reklame dan menarik biaya sewa dari iklan yang ditayangkan.

3. Rancangan desain rumah lebih maksimal

rancangan desain rumah lebih maksimal

Karena lebih luas tanpa dibatasi tembok tetangga, lahan hook jadi lebih maskimal dan leluasa untuk dirancang dan bahkan bisa menghasilkan desain rumah 2 fasad yang lebih estetik dan menawan. Tak heran, rumah hook menjadi desain rumah terbaik bagi arsitek maupun bagi pengembang/kontraktor.

Rumah hook juga jadi desain rumah terbaik bagi penghuni karena lahan bisa diolah lebih maksimal dengan landskap taman yang indah berisi kolam air mancur, kolam ikan hingga kolam renang. Tak heran jika pemilik rumah hook sering merasa bangga karena rumahnya memiliki tata desain terbaik.

4. Sirkulasi dan pencahayaan yang lebih baik

Karena punya 2 fasad yang menghadap ke jalan, rumah hook umumnya punya sirkulasi, penghawaan dan pencahayaan alami yang lebih baik. Dengan bukaan berukuran besar di sisi dinding yang terbuka, rumah hook jadi lebih hemat energi, lebih sehat, lebih sejuk dan lebih nyaman.

Rumah hook juga memungkinkan adanya banyak bukaan dengan akses view, sirkulasi, penghawaan dan pencahyaan alami ke lebih banyak ruangan. Dengan begitu kondisi ruang dalam rumah hook juga jauh dari kesan sumpek.

5. Pembangunan lebih mudah

Rumah yang terletak di lahan hook juga memudahkan untuk direnovasi tanpa khawatir diprotes tetangga karena posisinya yang strategis. Membangun rumah di lahan hook tentu akan lebih leluasa bagi kontraktor dibanding harus membangun rumah di lahan yang dibatasi tembok rumah tetangga.

6. Nilai jual properti lebih tinggi

Karena berbagai keuntungan di atas, tak heran rumah hook memiliki nilai properti yang lebih tinggi sehingga akan sangat menguntungkan untuk investasi jika dikemudian hari hendak dijual kembali.

Dibanding rumah bertipe sama yang berhimpitan dengan tembok tetangga, rumah hook lebih mudah diperjualbelikan dan harganya pun melejit. Karenanya memiliki rumah hook juga berarti menjamin kondisi keuangan Anda sekeluarga di masa depan.

desain rumah terbaik

Sekalipun begitu, ada kekhawatiran terkait posisi rumah hook yang menjadikannya kurang diminati. Dari segi fengshui, letak rumah hook yang berada di pojok dengan 2 akses dianggap membawa energi negatif yang bisa mendatangkan masalah kesehatan, karir dan keluarga. Tak hanya itu, rumah hook dipercaya lebuh rentan kecelakaan lalu lintas dan menjadi ‘korban’ kemalingan karena posisinya yang ‘terbuka’.

Padahal, ilmu fengshui juga memberi solusi menangkal aspek negatif dengan cara menambahkan pagar tinggi, menanam pepohonan hingga menghadirkan elemen air pada lanskap hunian agar lebih hoki. Tak hanya itu, dari aspek ilmiah juga tak ada bukti yang mendukung pernyataan bahwa rumah hook lebih sering kemalingan dan rentan kecelakaan dibanding rumah lainnya.

Karenanya lebih baik mengutamakan logika dan fakta daripada mitos lalu meraup banyak keuntungan dengan membangun rumah hook, bukan? Bila Anda tertarik membangun rumah hook dengan desain yang menarik, gunakan saja jasa desain rumah terbaik - Emporio Architect. Dengan pengalaman belasan tahun, Emporio Architect telah berhasil membuat ratusan rumah hook dengan desain rumah terbaik.

Kunjungi website Emporio Architect untuk melihat ribuan portfolio desain rumah terbaik dan hubungi kami via WhatsApp untuk konsultasi gratis dan membooking jasa Emporio Architect. Bersama Emporio Architect, bangun rumah hook dengan desain rumah terbaik yang bisa dibanggakan.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
21 Januari 2022  
25 Januari 2022  
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
26 September 2022  
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami