Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

6 Ide Desain Rumah Minimalis Rasa Maksimalis Ini Bikin Betah di Rumah

6 Ide Desain Rumah Minimalis Rasa Maksimalis Ini Bikin Betah di Rumah
  04 Agustus 2021
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Siapa bilang rumah minimalis harus pas-pasan? Banyak yang salah kaprah, nyatanya rumah minimalis tak selalu tentang kecil mungil dan sederhana, tapi juga tentang tampilan arsitektur, interior dan gaya hidup yang mengutamakan fungsi dan memasukkan unsur alam dengan sedikit permainan warna.

Konon kata arsitek ternama Andra Matin, gaya minimalis ini terinspirasi oleh gaya hidup Zen dari Jepang. Tak heran kebanyakan rumah Zen di Jepang hanya menggunakan karpet dan bantal duduk tanpa sofa serta penggunaan futon alih-alih tempat tidur.

Sayangnya tidak semua orang cocok dengan gaya hidup minimalis ala Zen, terutama di Indonesia. Karenanya Emporio Architect akan berbagi 6 ide desain rumah minimalis rasa maksimalis yang dijamin bakal bikin Anda sekeluarga makin betah di rumah. Berikut ulasan lengkapnya!

1. Hadirkan foyer

hadirkan foyer

Untuk mengubah rumah minimalis agar terasa maksimalis, cobalah hadirkan foyer di rumah Anda. Berfungsi sebagai ‘penyambut tamu’ dan ruang transisi antara teras dan ruang tamu, foyer bergaya minimalis dapat tampil lebih catchy dengan sentuhan material alam dan unsur dekoratif yang minim.

Dengan tata interior sedemikian rupa, keberadaan foyer tentu bisa membuat desain rumah minimalis tampil lebih estetik. Dijamin, baik tamu hingga penghuninya jadi senang berlama-lama di rumah.

2. Ruang tengah berkonsep open-plan

ruang tengah berkonsep open-plan

Agar desain rumah minimalis terasa maksimalis, hadirkan ruang tengah berkonsep open-plan dengan berbagai fungsi ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan hingga dapur. Tak sekedar menyatukan banyak fungsi di satu ruangan, hadirkan pula banyak bukaan kaca pada ruang tengah ini.

Agar privasi tetap terjaga, antara ruang tamu serta ruang lainnya bisa diberi partisi berupa rak buku dan sebagainya. Kurangi partisi dinding untuk membuat desain rumah minimalis terasa lebih lega.

3. Ruang kerja pribadi untuk work from home

ruang kerja pribadi untuk work from home

Semejak pandemi terjadi ada banyak hal yang terpaksa diubah, termasuk gaya hidup. Beberapa diantaranya adalah kegiatan belajar dan bekerja yang kini bisa dilakukan dari rumah. Karenanya ruang kerja untuk work from home wajib ada di tiap rumah, termasuk pada desain rumah minimalis.

Agar tidak boring dan menurunkan produktivitas, maka ruang kerja pada desain rumah minimalis perlu ditata sebaik mungkin menggunakan material alam dengan sedikit unsur dekoratif. Gunakan warna cerah yang lembut dengan sedikit aksen warna biru dan hijau yang bisa meningkatkan fokus.

4. Perhatikan interior kamar tidur

perhatikan interior kamar tidur

Desain rumah minimalis juga perlu memperhatikan interior kamar tidurnya agar tidak monoton. Karenanya dekor kamar tidur seminimalis mungkin tanpa banyak perabot dan dekorasi. Gunakan warna cerah yang lembut dengan banyak bukaan agar ruangan terkesan lebih lapang dan cozy.

Agar desain rumah minimalis terasa lebih maksimalis, hadirkan banyak bukaan berupa sliding door untuk menghemat ruang. Percantik interior kamar tidur dengan mem-variasikan finishing ruangnya.

5. Kamar mandi minimalis nan estetik

kamar mandi minimalis nan estetik

Desain rumah minimalis tidak akan terlihat sederhana dan biasa saja bila interior kamar mandinya estetik, bukan? Sekalipun ruagannya berukuran kecil dengan fasilitas seadanya, buat interior kamar mandi terlihat lebih cantik dengan pencahayaan yang baik.

Tak hanya itu, adanya cermin berukuran besar juga bisa membuat kamar mandi minimalis terasa lebih lapang. Selalu jaga kebersihan kamar mandi pada desain rumah minimalis agar enak dipandang.

6. Taman tropis dengan elemen air

taman tropis dengan elemen air

Terakhir, hadirkan taman tropis dengan elemen air indoor dan outdoor pada desain rumah minimalis. Keberadaan tanaman serta elemen air tentu bisa membuat desain rumah minimalis tak hanya terasa nyaman dan estetik ala villa, namun juga membuat penghuninya lebih relax dan betah di rumah.

Bila Anda tak punya cukup lahan untuk dijadikan taman, maka hadirkan taman indoor sederhana. Masukkan tanaman ke dalam rumah untuk membuat desain rumah minimalis terasa sejuk dan segar.

desain rumah minimalis

Demikian 6 ide desain rumah minimalis rasa maksimalis. Dengan menerapkan ide-ide diatas, dijamin desain rumah minimalis Anda jadi terasa lebih nyaman, membuat Anda sekeluarga lebih betah di rumah.

Jangan buang waktu Anda, segera hubungi konsultan Emporio Architect bila Anda ingin membuat desain rumah minimalis yang nyaman, lega, estetik dan terasa maksimalis. Bersama Emporio Architect, buat desain rumah minimalis dan ubah lahan seadanya jadi rumah berfasilitas lengkap.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
BACA JUGA:
Jangan Anggap Enteng, Ini 6 Keunggulan Rumah Buatan Jasa Arsitek Terbaik
Jangan Anggap Enteng, Ini 6 Keunggulan Rumah Buatan Jasa Arsitek Terbaik
  04 Agustus 2021
5 Ide Rumah Tropis Adem dan Nyaman ala Jasa Arsitek Rumah Tropis - Emporio Architect
5 Ide Rumah Tropis Adem dan Nyaman ala Jasa Arsitek Rumah Tropis - Emporio Architect
  23 Juli 2021
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
  03 Mei 2014
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6282297858081
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek