Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

5 Jenis Partisi yang Digunakan di Emporio Architect

5 Jenis Partisi yang Digunakan di Emporio Architect
Dipublikasikan 02 Januari 2020    Desain dan Konsep
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Bukan rahasia lagi jika suatu ruangan memerlukan pembatas dengan ruang lainnya jika ingin menciptakan suasana yang lebih privat. Pembatas juga berfungsi untuk membedakan nama dan fungsi antar ruang. Partisi merupakan alternatif jika ingin menambah ruang dan membuat kesan privat pada ruangan. Tapi jika tidak dipertimbangkan dengan cermat, keberadaan partisi justru dapat membuat hunian terasa lebih sempit. Maka itu, dalam hal ini Anda harus teliti memilih jenis partisi.
Berikut adalah 5 jenis partisi yang digunakan di Emporio Architect.

1. Partisi Bata

Partisi Bata

Partisi bata merupakan jenis partisi yang paling umum ditemui. Partisi bata bersifat permanen. Partisi ini dapat menampilkan bata expose maupun diplester dan difinishing sehingga tampak seperti dinding biasa. Jika ingin menambah detail yang mampu menambah nilai estetika, maka pada dapat ditambahkan tempelan ornament atau batu-batu alam. Contohnya seperti pada desain rumah bergaya modern tropis milik Bapak Mayor di Jimbaran, Bali ini.

2. Partisi Kayu

Partisi Kayu 1

Partisi berbahan kayu merupakan salah satu jenis partisi yang sering digunakan pada desain karya Emporio Architect. Penggunaan partisi berbahan kayu mampu memberi kesan hangat pada ruangan serta membuat ruangan terasa natural dan nyaman. Partisi kayu juga mampu menambah nilai estetika jika model dan motifnya divariasikan. Terdapat beberapa motif ornament pada partisi kayu yang dapat menjadi pilihan atau ide partisi di rumah Anda. Contohnya pada desain rumah Ibu Chris dan Bapak Andrew di Jakarta terdapat bilah kayu yang susun berderet dengan sudut tertentu sehingga mampu menghalangi pandangan tamu ke ruang tengah.

Partisi Kayu 2

Lain lagi dengan model partisi pada desain rumah Bapak Budi di Bekasi. Pada desain rumah ini, model partisi kayu dibuat menyerupai bentuk ranting pepohonan sehingga terlihat estetik disamping memenuhi fungsinya yaitu sebagai pembatas antara ruang tamu dengan ruang tengah.

Desain Ruang Keluarga Rumah Mr. Tim dan Mrs. Villa di Bintaro, Jakarta Selatan

Ide partisi berbahan kayu lainnya adalah dengan menghadirkan rak berbahan kayu yang diletakkan melintang diantara ruangan. Dengan demikian, rak tersebut dapat berfungsi ganda yaitu sebagai tempat penyimpanan atau memajang barang serta sebagai partisi. Jenis partisi rak kayu seperti ini digunakan pada desain rumah Bapak Tim dan Ibu Villa di Bintaro, Jakarta Selatan. Jenis partisi seperti ini tergolong fleksibel sehingga mudah dipindahkan.

3. Partisi Plat Logam

Partisi Plat Logam

Desain rumah Ibu A di Jakarta pada gambar diatas menggunakan partisi berbahan plat logam. Partisi berbahan plat logam juga cukup sering digunakan di Emporio Architect. Hal ini dikarenakan bahan plat logam memungkinkan partisi memiliki lebih banyak variasi desain ornament sehingga lebih estetik. Tak hanya itu, partisi berbahan plat logam juga dapat diwarnai sehingga dapat blend dengan mudah dengan sekitarnya. Contohnya jika diwarnai dengan warna coklat, maka sekilas partisi plat logam dapat terlihat menyerupai kayu.

Desain Ruang Keluarga Rumah Bapak Tjusnandar di Bangka Belitung

Berbeda lagi dengan partisi pada desain rumah Bapak Tjusnandar di Bangka Belitung. Pada desain rumah tersebut, partisi plat logam difinishing sehingga berwarna silver dan gold. Perpaduan warna ini pada partisi plat logam mampu memberi kesan luxury dan glamour pada ruangan.

Partisi plat logam 3

Karena mudahnya dibentuk serta desain ornament yang lebih variatif, maka partisi berbahan plat logam ini cukup digemari. Pilihan motif lengkung pada partisi plat logam dapat memberi sentuhan etnik dan tradisional pada ruangan, seperti pada desain rumah Ibu Rahmi di Tangerang. Keberadaan partisi plat logam berbentuk melengkung ini tampil bagaikan ukiran batik yang indah.

4. Partisi Kaca

Partisi Kaca

Partisi berbahan kaca juga merupakan salah satu pilihan partisi yang cukup umum digunakan. Penggunaan partisi kaca mampu memasukkan pencahayaan sekaligus view ke dalam ruangan. Selain itu, partisi berbahan kaca mampu membuat ruangan terasa lebih luas dan lapang. Contoh penggunaan partisi kaca terlihat pada desain rumah Ibu Anggi di Cirebon. Pada desain rumah tersebut, keberadaan partisi kaca mampu menghadirkan view swimming pool dan plant wall serta membuat ruangan terasa lebih lega.

5. Partisi Bilah Besi

Partisi berbahan bilah besi cukup jarang digunakan namun dapat pula dijadikan alternatif pilihan. Penggunaan jenis partisi ini dapat dilihat pada desain butik Ibu Erna di Bandung. Material bilah besi mampu memperkuat kesan modern pada butik bergaya modern tropis tersebut. Tak hanya itu, partisi bilah besi pada desain butih Ibu Erna di Bandung juga digunakan untuk memperkuat struktur tangga sehingga tak hanya berfungsi sebagai pembatas, penambah nilai estetika, namun juga sebagai penguat struktur tangga.

Partisi Bilah Besi

Selain 5 bahan partisi diatas, masih terdapat banyak sekali pilihan bahan yang dapat digunakan untuk partisi. Namun demikian, sejauh ini desain karya Emporio Architect hanya menggunakan 5 jenis partisi seperti yang telah disebutkan diatas. Hal ini dikarenakan Emporio Architect sebagai jasa desain rumah mewah serta jasa arsitek terbaik selalu berusaha memberi yang terbaik dengan memikirkan budgeting klien sehingga tiap desain kami fungsional, ekonomis serta berestetika.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami