Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

5 Jenis Partisi yang Digunakan di Emporio Architect

5 Jenis Partisi yang Digunakan di Emporio Architect
02 Januari 2020    Desain dan Konsep
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Bukan rahasia lagi jika suatu ruangan memerlukan pembatas dengan ruang lainnya jika ingin menciptakan suasana yang lebih privat. Pembatas juga berfungsi untuk membedakan nama dan fungsi antar ruang. Partisi merupakan alternatif jika ingin menambah ruang dan membuat kesan privat pada ruangan. Tapi jika tidak dipertimbangkan dengan cermat, keberadaan partisi justru dapat membuat hunian terasa lebih sempit. Maka itu, dalam hal ini Anda harus teliti memilih jenis partisi.
Berikut adalah 5 jenis partisi yang digunakan di Emporio Architect.

1. Partisi Bata

Partisi Bata

Partisi bata merupakan jenis partisi yang paling umum ditemui. Partisi bata bersifat permanen. Partisi ini dapat menampilkan bata expose maupun diplester dan difinishing sehingga tampak seperti dinding biasa. Jika ingin menambah detail yang mampu menambah nilai estetika, maka pada dapat ditambahkan tempelan ornament atau batu-batu alam. Contohnya seperti pada desain rumah bergaya modern tropis milik Bapak Mayor di Jimbaran, Bali ini.

2. Partisi Kayu

Partisi Kayu 1

Partisi berbahan kayu merupakan salah satu jenis partisi yang sering digunakan pada desain karya Emporio Architect. Penggunaan partisi berbahan kayu mampu memberi kesan hangat pada ruangan serta membuat ruangan terasa natural dan nyaman. Partisi kayu juga mampu menambah nilai estetika jika model dan motifnya divariasikan. Terdapat beberapa motif ornament pada partisi kayu yang dapat menjadi pilihan atau ide partisi di rumah Anda. Contohnya pada desain rumah Ibu Chris dan Bapak Andrew di Jakarta terdapat bilah kayu yang susun berderet dengan sudut tertentu sehingga mampu menghalangi pandangan tamu ke ruang tengah.

Partisi Kayu 2

Lain lagi dengan model partisi pada desain rumah Bapak Budi di Bekasi. Pada desain rumah ini, model partisi kayu dibuat menyerupai bentuk ranting pepohonan sehingga terlihat estetik disamping memenuhi fungsinya yaitu sebagai pembatas antara ruang tamu dengan ruang tengah.

Desain Ruang Keluarga Rumah Mr. Tim dan Mrs. Villa di Bintaro, Jakarta Selatan

Ide partisi berbahan kayu lainnya adalah dengan menghadirkan rak berbahan kayu yang diletakkan melintang diantara ruangan. Dengan demikian, rak tersebut dapat berfungsi ganda yaitu sebagai tempat penyimpanan atau memajang barang serta sebagai partisi. Jenis partisi rak kayu seperti ini digunakan pada desain rumah Bapak Tim dan Ibu Villa di Bintaro, Jakarta Selatan. Jenis partisi seperti ini tergolong fleksibel sehingga mudah dipindahkan.

3. Partisi Plat Logam

Partisi Plat Logam

Desain rumah Ibu A di Jakarta pada gambar diatas menggunakan partisi berbahan plat logam. Partisi berbahan plat logam juga cukup sering digunakan di Emporio Architect. Hal ini dikarenakan bahan plat logam memungkinkan partisi memiliki lebih banyak variasi desain ornament sehingga lebih estetik. Tak hanya itu, partisi berbahan plat logam juga dapat diwarnai sehingga dapat blend dengan mudah dengan sekitarnya. Contohnya jika diwarnai dengan warna coklat, maka sekilas partisi plat logam dapat terlihat menyerupai kayu.

Desain Ruang Keluarga Rumah Bapak Tjusnandar di Bangka Belitung

Berbeda lagi dengan partisi pada desain rumah Bapak Tjusnandar di Bangka Belitung. Pada desain rumah tersebut, partisi plat logam difinishing sehingga berwarna silver dan gold. Perpaduan warna ini pada partisi plat logam mampu memberi kesan luxury dan glamour pada ruangan.

Partisi plat logam 3

Karena mudahnya dibentuk serta desain ornament yang lebih variatif, maka partisi berbahan plat logam ini cukup digemari. Pilihan motif lengkung pada partisi plat logam dapat memberi sentuhan etnik dan tradisional pada ruangan, seperti pada desain rumah Ibu Rahmi di Tangerang. Keberadaan partisi plat logam berbentuk melengkung ini tampil bagaikan ukiran batik yang indah.

4. Partisi Kaca

Partisi Kaca

Partisi berbahan kaca juga merupakan salah satu pilihan partisi yang cukup umum digunakan. Penggunaan partisi kaca mampu memasukkan pencahayaan sekaligus view ke dalam ruangan. Selain itu, partisi berbahan kaca mampu membuat ruangan terasa lebih luas dan lapang. Contoh penggunaan partisi kaca terlihat pada desain rumah Ibu Anggi di Cirebon. Pada desain rumah tersebut, keberadaan partisi kaca mampu menghadirkan view swimming pool dan plant wall serta membuat ruangan terasa lebih lega.

5. Partisi Bilah Besi

Partisi berbahan bilah besi cukup jarang digunakan namun dapat pula dijadikan alternatif pilihan. Penggunaan jenis partisi ini dapat dilihat pada desain butik Ibu Erna di Bandung. Material bilah besi mampu memperkuat kesan modern pada butik bergaya modern tropis tersebut. Tak hanya itu, partisi bilah besi pada desain butih Ibu Erna di Bandung juga digunakan untuk memperkuat struktur tangga sehingga tak hanya berfungsi sebagai pembatas, penambah nilai estetika, namun juga sebagai penguat struktur tangga.

Partisi Bilah Besi

Selain 5 bahan partisi diatas, masih terdapat banyak sekali pilihan bahan yang dapat digunakan untuk partisi. Namun demikian, sejauh ini desain karya Emporio Architect hanya menggunakan 5 jenis partisi seperti yang telah disebutkan diatas. Hal ini dikarenakan Emporio Architect sebagai jasa desain rumah mewah serta jasa arsitek terbaik selalu berusaha memberi yang terbaik dengan memikirkan budgeting klien sehingga tiap desain kami fungsional, ekonomis serta berestetika.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
BACA JUGA:
21 Januari 2022  
25 Januari 2022  
blog POPULER
kegiatan TERBARU
desain PILIHAN
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80238
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Lt. 01 Greko Creative Hub, Jl.Ahmad Yani No.136, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. E1 No.08, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Bali, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6282145535172
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
Lowongan Pekerjaan: +6281236811006

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
  Konsultasi & Order
Free Konsultasi & Online Meeting
Silahkan Booking Lebih Awal

    WA Jabodetabek    

    WA Luar Jabodetabek    

    Booking Sekarang    

QR Code WA
Jabodetabek:
QR Code WA
Luar Jabodetabek:
  Membagikan

      Bagikan ke Whatsapp    

      Bagikan ke Facebook    

      Bagikan ke Twitter    

      Bagikan ke Linkedin    

      Bagikan ke Telegram    

  Ikuti Kami
  Video & 360 VR