Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

10 Tips Menghemat Biaya Pembangunan Rumah

10 Tips Menghemat Biaya Pembangunan Rumah
Dipublikasikan 03 September 2019    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

1. Buat perencanaan pembangunan rumah

Rencanakan rumah dengan matang, mulai dari menentukan luas bangunan yang akan dibuat, jumlah lantai dan jumlah ruang yang dibutuhkan, hingga perhitungan rencana anggaran biaya. Untuk merencanakan hal tersebut sebaiknya menggunakan jasa professional seperti jasa desain dari konsultan arsitektur.

Keuntungan menggunakan jasa arsitek yaitu pembangunan atau renovasi rumah, selain akan menghindarkan pemilik dari kesalahan desain, juga dapat membuat rumah berfungsi dengan benar. Dengan demikian tidak ada ruang yang terbuang percuma.

Memakai jasa konsultan juga mempermudah perkiraan biaya dari awal. Memperkirakan biaya sulit dilakukan orang biasa, sehingga ujung-ujungnya biaya yang dikeluarkan membengkak.

2. Gunakan desain style minimalis

Memilih desain rumah yang fungsionalis dan simple merupakan salah satu upaya menghemat dana. Desain rumah style minimalis semakin diminati, karena dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan, namun memiliki tampilan yang modern.  

Desain rumah style modern minimalis

Rumah dengan style minimalis ini memiliki karakter yang menggusung kesederhanaan baik dalam bentuk dan fungsi, desain ruang dalam yang dibuat open plan, serta detail dekorasi yang sederhana. Dengan kata lain, semakin sedikit detail yang coba ditunjukkan, semakin hemat juga biaya serta waktu yang dibutuhkan.

3. Tentukan bentuk bangunan

Bentuk bangunan dengan kesulitan yang tinggi tentu akan mengeluarkan biaya yang besar pula. Apabila bentuk rumah menggunakan bentuk yang lazim digunakan seperti persegi, maupun persegi panjang akan menghabiskan biaya dan waktu yang lebih singkat dibandingkan bantuk rumah melengkung ataupun bersudut lancip.

Tentukan bentuk desain rumah Anda

Rumah dengan bentuk melengkung maupun bersudut lancip sangat tidak efisien, selain sulit membuat bentuk yang sempurna, juga membuat banyak ruang terbuang, karena susah menentukan fungsi yang sesuai.

4. Melakukan survey harga bahan

Survey harga bahan merupakan hal yang wajib dilakukan ketika ingin membuat hunian yang lebih hemat. Ketika mengetahui harga, pengguna dapat membandingkan harga dan kualitas bahan sesuai budget yang dimiliki.

5. Memilih tukang bangunan dengan selektif

Pentingnya peran tukang dalam pengadaan sebuah bangunan, membuat biaya untuk membayar jasanya menyita bagian yang cukup besar dalam anggaran yang disiapkan. Oleh sebab itu, penting adanya untuk selektif dalam memilih tukang.

Pilihlah tukang yang benar-benar ahli di bidangnya dan memiliki reputasi kerja yang baik. Hal ini berhubungan dengan baik tidaknya kinerja tukang yang berpengaruh pada efisiensi proses pembangunan rumah.

6. Membangun secara bertahap

Menabung untuk rumah akan memerlukan waktu yang sangat lama, pada dasarnya menunggu sampai dana mencukupi keseluruhan bagian dari pembangunan tersebut tidak harus dilakukan.

Pembangunan rumah bisa dilakukan secara bertahap. Mulai dari pembuatan pondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap dilakukan dan disesuaikan dengan budget yang ada. Memang hal ini bisa memakan waktu lebih lama, namun dana yang dikeluarkan dapat lebih teratur dan mudah dipantau.

7. Gunakan bahan bangunan lokal

Penggunaan bahan lokal akan membantu menghemat anggaran pembangunan. Bahan lokal seperti kayu, bamboo, atau batu alam merupakan bahan yang memiliki beragam harga tergantung pada jenisnya, namun bahan lokal tersebut lebih mudah ditemukan di daerah setempat sehingga akhirnya akan menjadi lebih murah.

Dibandingkan dengan menggunakan bahan import yang juga dikenakan biaya pengiriman, sehingga jatuhnya akan lebih mahal.

8. Membuat ruangan multifungsi

Untuk menghematnya, buatlah ruangan multifungsi. Misalnya ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga, atau dapur yang disatupadukan dengan ruang makan.

Membuat desain ruangan rumah multifungsi

Selain itu rumah yang minim sekat akan jauh lebih murah, sehingga untuk ruang yang digunakan bersama seperti ruang tamu, ruang keluar, dan ruang makan bisa dibuat menyatu tanpa sekat pembatas.

Rumah yang memiliki banyak ruangan yang terpisah-pisah oleh sekat berupa dinding massif, cenderung memakan biaya lebih mahal, karena membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak. 

9. Membiarkan dinding tanpa finishing

Tips untuk menghemat biaya pembangunan lainnya yaitu dengan mengakali finishing baik pada eksterior maupun interiornya. Finishing dinding yang biasanya melalui proses di dempul lalu di cat dapat dipersingkat dengan menggunakan finishing semen poles.

Semen poles yang merupakan gaya industrial yang sedang menjadi tren saat ini wajib dicoba. Selain itu membiarkan dinding dengan batu bata yang tidak disemen adalah gaya rustic yang juga sedang populer.

10. Menggunakan atap baja ringan

Salah satunya cara untuk mengakali harga material bangunan yang mahal adalah dengan menggunakan beton cor dan sedikit kayu sebagai konstruksi atap. Namun, cara ini menambah beban bangunan serta pondasi. Solusi untuk hal ini adalah dengan menggunakan baja ringan.

Walaupun biayanya sedikit lebih mahal, bangunan dan pondasi tidak akan terlalu terbebani. Cara pemasangannya yang praktis juga akan menghemat waktu yang berarti biaya pekerja bangunan pun akan berkurang.

 

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami