Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

10 Tips Membuat Rumah Hemat Energi

10 Tips Membuat Rumah Hemat Energi
  11 September 2019
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Masyarakat modern dengan pemikiran yang jauh lebih maju, kini semakin menyadari betapa pentingnya peran manusia dalam menjaga kesahatan bumi ini. Salah satu upayanya yaitu dengan menghemat energi. Dimulai dari hal mendasar, seperti membuat hunian yang mampu menghemat penggunaan energi dan menggunakan energi terbarukan secara optimal.

1. Bukaan yang lebar
Bukaan yang lebar dapat mengoptimalkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami masuk ke dalam ruangan, sehingga dapat mengurangi penggunaan penghawaan buatan seperti AC dan kipas angin serta mengurangi penggunaan lampu di pagi dan siang hari.
Namun, lengkapi bukaan bermaterial kaca dengan gorden agar mampu mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan sesuai kebutuhan.

2. Plafon yang tinggi

Rumah hemat energi dengan plafon tinggi

Membuat plafon yang tinggi pada rumah akan memberikan ruang yang lebih besar bagi sirkulasi udara, sehingga aliran udara menjadi lebih lancar dan menciptakan suasana ruang yang lebih sejuk, sehingga ketika udara diluar panas, di dalam ruangan udara masih tetap terjaga kesejukannya tanpa perlu penghawaan buatan.

3. Menyediakan penampungan air hujan

Rumah hemat energi dengan penampungan air hujan

Air hujan yang melimpah di daerah tropis ini sebaiknya ditampung dan digunakan kembali, sehingga dapat menghemat penggunaan air bersih. Air hujan dapat digunakan untuk penyiraman closet, menyiram tanaman dan lainnya.

4. Menambah taman

Rumah hemat energi dengan menambah taman

Adanya taman dalam rumah memberikan banyak keuntungan, diantaranya memberikan asupan oksigen yang banyak di siang har, sehingga udara akan terasa lebih sejuk. Selain itu, adanya pohon juga dapat menjadi barrier yang menghalangi rumah dari panas matahari langsung.

Rumah hemat energi dengan menambah taman 2

Jika memiliki lahan yang sempit, dapat diganti dengan membuat vertical garden. Adanya vertical garden akan membantu menyerap panas, membuat rumah menjadi lebih sejuk.

5. Menggunakan panel surya

Rumah hemat energi dengan panel surya

Menggunakan solar panel dapat membantu menghemat energi listrik. Sinar matahari yang melimpah, disimpan oleh panel surya dan diteruskan manjadi listrik yang dapat digunakan. Panel surya berukuran 1 meter mampu menghasilkan energi listrik sekitar 100 watt.

6. Menggunakan secondary skin

Rumah hemat energi dengan secondary skin

Secondary skin berguna untuk memfilter cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah untuk mengindari panas berlebih. Selain itu, secondary skin juga memberikan nilai estetika pada fasad bangunan.

7. Bentuk denah rumah yang tepat

Rumah hemat energi dengan bentuk denah rumah yang tepat

Bentuk denah juga dapat membantu menghemat energi dengan menjamin aliran udara yang baik di dalam rumah. Denah rumah yang tepat yaitu dengan bentuk yang memanjang atau ramping. Bentuk denah seperti itu, mampu menciptakan sirkulasi udara yang baik dengan menerapkan sirkulasi silang, serta dapat mempermudah pencahayaan alami.

8. Gunakan perangkat elektronik hemat energi

Rumah hemat energi dengan perangkat elektronik hemat energi

Perangkat elektronik yang hemat energi dapat di temukan dengan mudah di pasaran. Misalnya seperti, lampu LED (Light Emitting Dioda), televisi LED yang jauh lebih hemat.

9. Gunakan kaca film solar control

Rumah hemat energi dengan kaca film solar control

Kaca film solar control mampu membantu mengurangi intensitas dan suhu panas matahari yang masuk ke ruangan, sehingga ruangan tidak akan terasa panas. Tampilan kaca ini tampak lebih gelap dari luar.

10. Menghadirkan kolam ikan

Rumah hemat energi dengan kolam ikan

Kehadiran kolam pada rumah, baik di dalam maupun di luar rumah dapat memberikan kesan hawa sejuk dalam ruangan. Udara yang berkembus membawa uap air dari kolam akan memberikan kesan sejuk di area sekitarnya. Maka dari itu, tetap jaga kebersihan kolam, gemericik air pada kolam juga membuat suasana lebih relax. Ikan pada kolam juga dapat mengurangi keberadaan nyamuk dalam rumah.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Selain rutin membuat tulisan untuk blog Emporio Architect dan Emporio Interior tempatnya bekerja kini, Fairus juga beraktivitas sebagai content creator, content writer, arsitek dan interior desainer secara freelance. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi. Temui Fairus di akun Instagramnya: @fairusrizn
BACA JUGA:
Ini Tips Memilih Lahan Untuk Rumah Tinggal
Ini Tips Memilih Lahan Untuk Rumah Tinggal
  19 Januari 2021
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
  03 Mei 2014
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek