Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Tips Desain Taman Minimalis untuk Daerah Perkotaan

Tips Desain Taman Minimalis untuk Daerah Perkotaan
Dipublikasikan 12 Agustus 2019    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Hiruk pikuk kehidupan perkotaan memang kadang-kadang membuat kepala pening, pusing, dan stres. Apa lagi jika Anda tinggal di kompleks yang memiliki kepadatan populasi di atas rata-rata. Dengan populasi yang begitu padat, hal yang tidak bisa dihindari adalah pembangunan rumah yang saling berhimpitan. Alhasil, kesumpekan akan menjadi menu utama dalam keseharian.

Populasi penduduk yang padat cenderung menghasilkan atmosfer yang panas pula. Belum lagi jika tetangga Anda adalah orang yang suka bermusik atau hanya penyuka musik, maka kebisingan pun tidak bisa dihindari. “Bagaimana, kesal juga kan di daerah perkotaan?”
Tapi tenang, untuk melawan atmosfer yang panas dan menetralisir kebisingan yang merupakan ulah tetangga, atau pun karena bunyi kendaraan dari jalanan, desain taman minimalis di rumah Anda adalah menjadi solusi yang paling ampuh. Selain itu, dengan kehadiran taman minimalis, rumah Anda akan kelihatan lebih hidup dan sejuk.

Tetapi masalahnya, untuk dapat mendesain taman minimalis di daerah perkotaan dengan lahan yang sempit, diperlukan keahlian khusus, agar desain taman tersebut tidak mangkrak alias tidak menjadi desain yang gagal. Oleh sebab itu, sebelum membuat taman minimilis, usahakan terlebih dahulu untuk mengkonsultasikan kepada ahli, atau bila perlu mempekerjakan para arsitek professional dalam proses pendesainannya.

Desain rumah minimalis di perkotaan

Bagi Anda yang sedang bingung mencari tips dan jenis-janis tanaman yang cocok untuk desain taman minimalis Anda, berikut adalah jawaban atas keluhan Anda tersebut. Yuk, silahkan dicek:
Membuat Taman Mini di Halaman Depan Rumah
Semua orang pasti pernah berpikir untuk membuat taman di halaman depan rumahnya. Taman di halaman depan rumah memang akan memberikan kesan pertama yang baik bagi tamu berkunjung ke rumah Anda. Selain itu Anda juga akan selalu dimanjakan oleh taman yang indah tersebut. Dengan adanya taman mini di halaman depan rumah Anda maka dengan sendirinya akan membuat rumah Anda sejuk dan nyaman.

Membuat Mini Garden di Bagian Belakang Rumah
Selain membuat taman di halaman depan rumah, di belakang rumah juga bisa dibuatkan kebun kecil yang mungil. Untuk dapat membuat kebun mini di belakang rumah, maka antara tembok pembatas dengan rumah Anda harus dibuatkan jarak paling kurang satu meter. Dan jenis tanaman yang paling cocok untuk ditanam di mini garden ini adalah tanaman yang gampang dirawat. Selain itu, harus dipasangkan beberapa lampu taman di sudut sisi mini garden tersebut.

Taman di Dalam Rumah
Banyak rumah mewah di perkotaan yang kini telah membuat taman di dalam rumah. Taman di dalam rumah sungguh akan membuat rumah tampak menawan dan bernuansa alam. Namun demikian, membuat taman di dalam rumah akan memiliki kesulitan tersendiri, khususnya dalam hal perawatannya. Dimana seperti yang kita tahu bahwa tanaman juga membutuhkan cahaya matahari dan udara dalam proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses di mana tanaman dan beberapa organisme menghasilkan makanan sendiri dengan menggunakan karbon dioksida, air dan energi dari sinar matahari.

Tetapi sekali lagi, tenang!, jasa arsitek pasti memiliki solusi dalam menghadapi kondisi yang seperti ini. Biasanya dinding di sekitar taman akan dibuatkan sedikit bukaan atau ventilasi, sedangkan untuk atap yang menaungi taman yang berada di dalam ruangan tersebut akan didesain transparan, dengan menggunakan material atap yang berkualitas dan sudah teruji, seperti misalnya atap transparan solartuff. Selain melancarkan proses fotosintesis, atap transparan juga akan meningkatkan pencahayaan di dalam rumah Anda. Selain itu atap transparan juga akan menciptakan kesan yang lebih modern dan futuristic pada rumah Anda.

Rofftop Garden Atau Taman Atap
Membuat taman di atap memang agak terdengar gila bagi orang yang awam dengan arsitektur rumah modern, tetapi sebenarnya desain taman di atap ini sudah banyak diterapkan oleh para arsitek professional dalam memberikan jasa mereka kepada klien. Desain rofftop garden ini sangat cocok untuk daerah dengan luas lahan yang sangat terbatas. Jika anda tidak memiliki halaman di depan maupun di belakang rumah, maka membuat taman di atap adalah pilihan yang tepat. Untuk mendapat kesan yang sempurna, pada atap juga akan sangat cocok jika dibuatkan sebuah kolam renang mini.

Desain rumah modern minimalis

Selain untuk memanjakan Anda, keberadaan kolam renang mini ini juga akan menyerap kebisingan, baik itu kebisingan dari rumah tetangga maupun kebisingan dari jalanan. Pada sisi yang lain juga, harus disiapkan beberapa kursi malas yang nantinya akan Anda gunakan untuk duduk bersantai dengan keluarga Anda, sambil menikmati rooftop garden di atap rumah Anda. “Bayangkan jika desain rooftop ini berhasil diterapkan di rumah Anda, bukankah akan tampak luar biasa?”

Yup, akhirnya sampail juga diakhir ulasan tentang “Tips Desain Taman Minimalis untuk Daerah perkotaan.” Semoga artikel ini membantu. Terima kasih dan selamat mencoba.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami