Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

6 Ide Desain Rumah Minimalis Sehat dan Nyaman Saat Pandemi ala Emporio Architect

6 Ide Desain Rumah Minimalis Sehat dan Nyaman Saat Pandemi ala Emporio Architect
27 Agustus 2021    Desain dan Konsep
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Saat pandemi COVID-19 dan PPKM tak berkesudahan melanda, kesehatan, kebersamaan, kebahagiaan dan kenyamanan keluarga pasti jadi nomor satu bagi semua orang. Tak heran, semua orang rela berbuat apa saja demi kesehatan, kebersamaan, kebahagiaan dan kenyamanan keluarga tercinta.

Jika orang kaya memilih membangun rumah mewah dengan fasilitas lengkap dan kolam renang agar bisa merasakan suasana liburan ala villa di rumah, maka kalangan kelas menengah juga bisa membuat keluarga tetap sehat dan bahagia dengan membangun rumah minimalis yang sehat dan nyaman.

desain rumah minimalis

Tergantung cara mengolahnya, rumah minimalis dengan luasan bangunan yang terbatas bisa disulap jadi hunian yang sehat, estetik dan cozy. Karenanya berikut ini Emporio Architect akan bagikan 6 ide desain rumah minimalis sehat dan nyaman saat pandemi ala Jasa Desain Rumah Minimalis – Emporio Architect.

1. Banyak bukaan berukuran besar

Rumah dengan banyak bukaan jadi syarat rumah sehat dan nyaman. Adanya balkon, banyak bukaan dan pengaplikasian sistem cross ventilation bisa membuat sirkulasi udara di rumah jadi lebih lancar.

Banyaknya bukaan berukuran besar juga membuat cahaya matahari masuk lebih optimal ke dalam rumah. Dengan begitu penghuninya jadi lebih sehat karena rumah tidak gelap dan lembab. Selain pencahayaan dan penghawaan alami, bukaan juga memperlihatkan view ke dalam rumah.

2. Memanfaatkan ruang secara vertikal

desain rumah minimalis

Rumah minimalis umumnya memiliki luas bangunan yang kecil dan dibangun di lahan terbatas. Karenanya, jasa desain rumah minimalis menyarankan untuk memanfaatkan ruang secara vertikal, baik pada desain rumah maupun tata interiornya.

Jika Anda memiliki banyak kebutuhan ruang namun ukuran lahan tak memungkinkan, maka bangun rumah tingkat dengan 2 hingga 3 lantai.  Adanya mezzanine juga sangat membantu. Dengan begitu, Anda punya space untuk membuat taman, ruang kerja hingga rooftop.

Dari segi interiornya, Anda bisa mendekor ruangan dengan cara menyusun perabot secara vertikal. Contohnya, Anda bisa memilih rak gantung atau ranjang susun daripada model perabot yang biasa.

3. Terdapat taman

Sekecil apapun lahan Anda, usahakan untuk tetap menyediakan space untuk taman. Kehadiran ruang terbuka yang hijau di kala pandemi nyatanya kini lebih penting dari yang Anda bayangkan.

Ya, adanya taman hijau bisa memberi rasa ‘bebas dan lepas ‘ serta meredakan stress, bosan dan depresi akibat terlalu lama di rumah. Tak hanya itu, taman bisa dijadikan tempat untuk berolahraga, berjemur, berkebun hingga budidaya tanaman hias atau ikan hias yang kini sedang nge-trend.

4. Menghadirkan nuansa alam ke dalam rumah

desain rumah minimalis

Selain taman, Anda juga bisa membawa nuansa alam ke dalam rumah dengan cara mendekor interior rumah dengan beberapa tanaman di beberapa sudut. Kehadiran tanaman dalam pot atau vas, tanaman gantung hingga tanaman rambat tentu membuat suasana rumah jadi lebih asri dan natural.

5. Memiliki ruang kerja dan ruang belajar

desain rumah minimalis

Selama pandemi, Anda mungkin jadi menyadari bahwa adanya ruang belajar dan ruang kerja pribadi di rumah sangat penting untuk keperluan school from home dan work from home. Untuk itu, hadirkan ruang kerja dan ruang belajar di rumah Anda.

Tak perlu membangun ruangan baru, ruang kerja dan ruang belajar yang nyaman bisa dihadirkan pada rumah minimalis di sudut ruangan atau dengan memberi partisi seperti di atas agar lebih privat.

6. Penggunaan furniture all in one

Rumah minimalis berukuran mungil sangat cocok dengan furniture all in one. Dengan adanya perabot multifungsi, Anda bisa meminimalisir kesan rumah sempit karena terlalu banyak barang.

Untuk itu, Anda bisa gunakan sofabed yang berfungsi sebagai sofa sekaligus tempat tidur atau meja dan kursi yang bagian dalamnya bisa dijadikan tempat menyimpan barang. Penggunaan perabot yang bisa dilipat juga bisa jadi cara jitu untuk menghemat lahan dan membuat rumah lebih lega.

desain rumah minimalis

Demikian 6 ide desain rumah minimalis sehat dan nyaman saat pandemi ala Emporio Architect. Bila Anda butuh jasa desain rumah minimalis untuk merencanakan desain rumah Anda, gunakan saja jasa konsultan Emporio Architect. Bersama kami, buat rumah minimalis yang sehat, estetik, lega & nyaman.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
21 Januari 2022  
25 Januari 2022  
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
26 September 2022  
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami