Tips menentukan jenis kabel listrik untuk bangunan rumah Anda

Tips menentukan jenis kabel listrik untuk bangunan rumah Anda

Salam,

Rumah masa kini sangat perlu sumber energi listrik untuk segala keperluan hidup sehari-hari. Tanpa listrik, kita akan kembali ke zaman kuno karena tidak dapat menyalakan satu pun alat-alat elektronik. Karena itu listrik hampir menjadi sebuah kewajiban bagi setiap rumah. Agar listrik dapat menyala di rumah Anda, Anda akan memerlukan instalasi perkabelan sebagai penghantar listrik menuju berbagai alat elektronik. Kabel meski kelihatannya sepele namun bagaikan urat nadi dalam rumah Anda. Pemilihan jenis kabel yang sesuai dengan kebutuhan dan standar keamanan akan membantu aktivitas Anda tetap lancar dan terhindar dari bahaya korsleting.

Sebelum membangun rumah, ada baiknya Anda memperhatikan jenis Kabel dan fungsinya. Kabel yang baik mampu bertahan hingga lebih dari 30 tahun lamanya dan tetap mengantarkan listrik secara optimal. Kabel listrik ada berapa jenis? Berikut ini kami mencoba memberikan Anda informasi mengenai kabel listrik yang baik untuk bangunan rumah Anda sesuai dengan jenis dan fungsinya.

Jenis Kabel untuk Perumahan berdasarkan Jenis Isolasinya:

1. NYA

Kabel ini berisolasi PVC, ber inti tunggal, jenis kabel udara. Berwarna Merah, Hitam, Kuning dan Biru.

* Kelebihan : Harganya murah.

* Kelemahan :

# Isolasinya cuma 1 lapis, sehingga mudah cacad.

# Tidak tahan air (karena jenis kabel udara)

# Isolasinya sangat disukai tikus (digigit tikus)

Agar aman terhadap gangguan tikus dan sentuhan orang (kalau ada isolasi yang cacad), pemasangan kabel sebaiknya didalam pipa (bisa pipa PVC).

 

2. NYM

Kabel berisolasi PVC, ada yang berinti 2, 3 atau 4, jenis kabel udara. Berwarna putih.

* Kelebihan : # Isolasinya dua lapis, sehingga potensi kabel bocor akibat isolasi   cacad lebih kecil dibandingkan NYA

* Kelemahan :

# Harganya lebih mahal dibandingkan NYA

# Tidak tahan air (karena jenis kabel udara)

# Isolasinya sangat disukai tikus (digigit tikus), dan tidak tahan terhadap impack (benturan)

Agar aman terhadap gangguan tikus dan sentuhan orang (kalau ada isolasi yang cacad), pemasangan kabel sebaiknya didalam pipa (bisa pipa PVC).

 

3. NYY

Kabel berisolasi PVC, ada yang berinti 2, 3 atau 4, jenis kabel tanah. Berwarna Hitam.

* Kelebihan :

# Isolasinya dua lapis dan liat sehingga lebih tahan terhadap impact (benturan) dibandingkan dengan NYA dan NYM, potensi kabel bocor akibat isolasi cacad lebih kecil dibandingkan NYM

# Tahan air (karena jenis kabel tanah)

# Isolasinya tidak disukai tikus, sehingga pemasangan tidak harus menggunakan pipa.

* Kelemahan : # Harganya lebih mahal dibandingkan NYM.

 

Dengan mengetahui jenis kabel berikut, Anda dapat berkoordinasi dengan kontraktor Anda agar disiapkan kabel yang sesuai dengan standar keamanan minimal atau Anda dapat menaikkan dari standar keamanan yang Ada meski membuat Anda tidak efisien karena kontraktor pasti akan meminta biaya tambahan untuk kabel jenis yang lebih mahal, tapi demi keamanan rumah Anda lebih baik sedikit lebih boros untuk hal yang berurusan dengan keamanan. Lagi pula rumah Anda kemungkinan akan dihuni hingga puluhan tahun lamanya. Anda tentu tidak ingin investasi besar berupa rumah beresiko lenyap karena resiko kebakaran akibat korsleting listrik.