Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Apakah Anda memahami pentingnya Arti sebuah Keluarga?

Arti Sebuah Keluarga

  24 Mei 2021  

Seberapa pentingkah keluarga bagi Anda? Apakah keluarga memiliki arti dan peranan tersendiri bagi Anda? Apakah Anda menyayangi orang tua, anak serta pasangan Anda? Seberapa banyak Anda meluangkan waktu untuk kebahagiaan mereka? Sudahkah Anda menunjukkan rasa cinta Anda untuk keluarga?

"Keluarga adalah tempat kembali, tempat dimana Anda akan selalu diterima dengan tangan terbuka, dimana Anda bisa bertemu dengan orang yang mencintai dan mendukung Anda tanpa syarat, tempat terbaik untuk belajar berbahagia."

Keluarga Tempat Kembali

Sedari kecil hingga dewasa, kita manusia selalu sibuk dengan berbagai urusan demi masa depan dan kepentingan pribadi. Sadarkah Anda? Kebanyakan orang termasuk Anda mungkin dari kecil sibuk bermain, sekolah, kuliah, kerja, dan banyak lagi kegiatan lainnya yang membuat diri makin lama makin jauh dan lupa dengan keluarga.

Sah-sah saja bila Anda fokus menata hidup, membangun kesuksesan dan kestabilan ekonomi terlebih dahulu, namun jangan lupakan waktu luang untuk keluarga Anda. Beri effort lebih untuk menunjukkan cinta kasih Anda kepada mereka. Kita manusia tentu tak pernah tahu sampai kapan orang-orang tercinta akan terus ada di dunia untuk menemani dan mendampingi tiap langkah kita, bukan?

"Karenanya selagi masih diberi kesempatan, tunjukkanlah rasa terima kasih, rasa sayang, cinta dan ketulusan Anda kepada seluruh anggota keluarga Anda."

Kebersamaan Keluarga

Ini adalah pengetahuan penting yang jarang orang pahami, dan Anda cukup beruntung menemukan artikel ini. Salah satu hal mendasar yang sangat mempengaruhi kehidupan keluarga Anda adalah kualitas hunian. Setiap orang sangat perlu merencanakan hunian yang sehat, aman dan nyaman bagi keluarga sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental, kebahagiaan, dan kehangatan hubungan. Perencanaan rumah yang tepat dapat meminimalkan konflik dalam keluarga hingga mengurangi tingkat stress yang umum dirasakan oleh masyarakat masa kini.

Untuk itu, Anda yang ingin memiliki / membangun rumah pertama ataupun rumah selanjutnya perlu menyimpan pengetahuan penting ini:

Perencanaan Rumah yang Meningkatkan Kualitas Kehidupan Keluarga

Cinta Kasih Keluarga

Apakah kriteria hunian yang baik untuk keluarga? Tentu saja hunian yang baik adalah hunian yang dapat mengaktifkan dan mengoptimalkan segala fungsi dari Keluarga. Fungsi keluarga yang dapat ditingkatkan kualitasnya dengan perencanaan hunian yang baik diantaranya:

1. Tingkatkan Fungsi Keamanan Hunian dan Keselamatan Keluarga

Rencanakanlah hunian yang mampu melindungi Anda dan keluarga dari berbagai bahaya. Berikut ini tipsnya:

  • Jika lahan Anda bukan berada di perumahan one-gate system dengan security yang ketat, maka sebaiknya Anda membangun dinding pagar keliling untuk melindungi keluarga dari gangguan orang asing.
  • Tidak ada salahnya memasang CCTV untuk mengawasi segala sesuatu di dalam rumah dan halaman Anda. Adanya CCTV juga membuat orang berpikir 2 kali untuk melakukan hal yang tidak baik.
  • Jika pada lahan Anda rawan banjir, buatlah bangunan bertingkat dan naikkan juga level lantai dasar bangunan Anda.
  • Rencanakan juga keamanan kelistrikan dalam hunian Anda seperti menggunakan terminal listrik yang memiliki pelindung dari jari anak-anak, menggunakan ELCB untuk waterheater (apabila ada kebocoran arus otomatis aliran terputus), menggunakan MCB yang tepat sesuai kebutuhan daya, serta menggunakan jenis dan ukuran kabel yang sesuai dengan daya yang digunakan untuk menghindari potensi kebakaran.
  • Anda juga perlu memisahkan dapur bersih dengan dapur kotor yang dijadikan tempat kompor gas, dimana dapur kotor sebaiknya punya sirkulasi yang bagus atau dibiarkan berada pada ruang semi terbuka untuk mengurangi potensi kebakaran akibat kebocoran gas. Sediakan juga alat pemadam api ringan untuk jaga-jaga.
  • Jika Anda memiliki kolam renang dan anak balita, maka sebaiknya kolam renang diberikan sekat pemisah agar si balita tidak tercebur ke dalam kolam renang. Sekat pemisah dapat berupa kaca bening agar view kolam tidak terganggu.
  • Saat pandemi ini Anda juga perlu menempatkan westafel untuk cuci tangan di area depan sebelum masuk rumah supaya mengurangi bakteri dan virus dari luar. Selain itu Anda juga dapat memasang AC yang dilengkapi filter dan ion yang dapat membunuh kuman, bakteri dan virus agar udara rumah menjadi lebih sehat.
  • Selalu sediakan kotak P3K di rumah Anda atau setidaknya obat-obatan darurat untuk pertolongan pertama pada keluarga Anda.
  • Anda juga dapat melindungi keluarga dari bahaya sinar UV dengan melapisi kaca rumah Anda dengan pelapis anti UV, melapisi atap dengan insulasi anti UV, dan juga menggunakan cat exterior anti UV.
  • Pastikan rumah tinggal Anda menggunakan pondasi dan struktur yang kuat sesuai keadaan lahan yang akan dibangun. Penggunaan struktur yang tepat dapat meminimalkan potensi kerobohan rumah saat terjadi gempa.
  • Saat proses pembangunan jangan lupa menerapkan antirayap pada rumah agar tetap kokoh dan tahan lama.
  • Sebisanya hindari penggunaan lantai dengan permukaan licin di tangga, dapur kotor, kamar mandi, deck kolam renang, balkon, serta teras agar tidak mudah terpleset.
  • Pastikan juga tangga Anda menggunakan struktur yang kuat serta dilengkapi dengan pegangan atau railing. Sebaiknya juga tidak menggunakan bentuk anak tangga kipas yang cukup riskan membuat terpleset. Meletakkan sebuah lift pada rumah adalah ide bagus karena akan memudahkan Anda saat membawa barang berat ke lantai atas dan juga dapat membantu kehidupan Anda di hari tua nanti--disaat menaiki tangga bukan hal yang mudah lagi.

Untuk merencanakan rumah idaman yang bukan hanya nyaman namun juga aman, tentu Anda sangat perlu berkonsultasi dengan jasa arsitek profesional.

2. Tingkatkan Fungsi Edukasi

Dari zaman sekolah, kita semua sudah diajarkan bahwa pendidikan primer justru didapat di lingkungan rumah dan keluarga. Karenanya sebagai lingkungan pendidikan yang pertama, rumah tinggal idealnya memiliki fasilitas ruang bermain edukatif untuk balita dan anak kecil, ruang belajar, perpustakaan/ruang baca hingga ruang pengembangan diri untuk mengasah bakat, potensi dan menyeimbangkan perkembangan otak kiri dan otak kanan anak Anda. Pastikan juga Anda sebagai orang tua selalu aktif mengajak anak bermain dan berkomunikasi serta mengawasi perkembangan anak sesuai usianya.

Oleh karena itu agar pendidikan yang didapat di lingkungan rumah dan keluarga ini jadi lebih optimal, rancanglah rumah dengan berbagai fasilitas pendukung edukatif. Dengan begitu anak Anda pun menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih unggul berkat lingkungan rumah dan keluarga yang lebih mendukung.

3. Tingkatkan Fungsi Sosialisasi

Tahukah Anda, desain rumah tinggal juga mempengaruhi kemampuan anak dalam bersosialisasi di dunia nyata. Keluarga sebagai agen sosialisasi primer tentu perlu mengerahkan effort lebih agar anak tumbuh jadi pribadi yang aktif, ceria dan mudah bergaul. Anda tentu ingin anak Anda selalu sehat, ceria dan aktif. Rancanglah lingkungan rumah tinggal yang ideal bagi tumbuh kembang sosial anak, yaitu dengan membuat ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur hingga taman yang tidak tersekat-sekat dalam sebuah kesatuan yang harmonis.

Dengan begitu suasana rumah jadi lebih lega, lapang dan menyatu sehingga rasa akrab dan kekeluargaan pun muncul karena absennya dinding partisi. Segala aktivitas keluarga juga menjadi satu kesatuan, disaat mama memasak, ayah menyeruput kopi, anak bermain tetap bisa terawasi dengan baik.

Desain rumah tinggal yang minim sekat, punya banyak bukaan dan menerapkan konsep open-plan akan menciptakan lingkungan rumah yang membuat anggota keluarga bisa berkumpul dan bersosialisasi untuk menumbuhkan kedekatan antar anggota keluarga. Keluarga Anda jadi lebih harmonis dan kompak. Anak-anak Anda pun tak lagi tertutup dan pemalu karena konsep open-plan di ruang tengah membuat mereka berbaur dengan tamu, teman atau kerabat yang berkunjung. Kemampuan komunikasi, interaksi sosial dan adaptasi keluarga pun jadi lebih baik.

4. Tingkatkan Fungsi Religious

Anda tentu ingin anak Anda tumbuh jadi pribadi yang religius dan berbudi, bukan? Atau bisa jadi di usia Anda yang sekarang ini, Anda-lah yang ingin meng-upgrade diri dan keluarga agar lebih dekat dengan Tuhan dan tidak lupa dengan-Nya walau sibuk beraktivitas. Untuk itu rumah tinggal juga idealnya perlu kehadiran ruang ibadah agar penghuni rumah lebih rajin beribadah, sesuai kepercayaan atau keyakinan masing-masing.

Rumah dengan tempat ibadah di dalamnya tentu akan terasa lebih ‘adem dan sejuk’ dimana Anda bisa mendidik dan mengajarkan anak mengenai ilmu agama dan etika. Hasilnya pasti jauh berbeda bila Anda sekeluarga beribadah sendiri-sendiri di kamar masing-masing atau beribadah di luar. Pasalnya, tempat ibadah khusus di dalam rumah juga mendatangkan keharmonisan dan kedekatan antar anggota keluarga saat beribadah bersama. Tak percaya? Coba buktikan sendiri!

5. Tingkatkan Fungsi Ekonomi

Pandemi yang terjadi beberapa waktu ini membuat banyak kegiatan dipaksa beralih sistem agar bisa dikerjakan secara online. Banyak pekerja maupun pebisnis kini memilih bekerja di rumah (work from home) demi kesehatan diri dan keluarga. Karenanya selain jadi tempat untuk beristirahat, rumah tinggal kini memiliki beberapa fungsi tambahan, yaitu tempat bekerja maupun berbisnis dari rumah.

Singkat kata, rencanakanlah desain rumah yang tak hanya mewah, fungsional dan nyaman, namun juga bisa menghadirkan fasilitas ruang yang mendukung pekerjaan atau bisnis Anda. Suasana yang baik dalam bekerja/berusaha tentu meningkatkan potensi-potensi ekonomi bagi keluarga Anda.

6. Tingkatkan Fungsi Kasih Sayang & Rekreasi

Rumah tinggal yang baik seharusnya mampu menumbuhkan dan menjaga rasa kasih sayang, keharmonisan, kepedulian, keakraban, kehangatan dan keterbukaan antar anggota keluarga. Untuk itu rumah tinggal idealnya memiliki fasilitas entertain seperti taman, kolam renang, rooftop, gazebo, ruang bermain, ruang nonton, ruang karaoke, ruang gym dan lain sebagainya yang bisa digunakan oleh keluarga untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Adanya fasilitas entertain pada hunian tentu bisa menciptakan suasana positif bagi anggota keluarga yang berujung pada keharmonisan rumah tangga. Bukankah ini yang Anda inginkan?

Dengan menghadirkan fasilitas entertain, minim sekat dan memperbanyak bukaan, Anda akan menciptakan hunian yang tak hanya mewah, estetik, nyaman dan aman, tapi juga bernuansa villa/resort sehingga setiap hari terasa bagai liburan.

Konsep ala villa atau resort yang memiliki view, fasilitas entertain, permainan lampu dan interior yang tertata ini membuat suasana rumah jadi lebih romantis, estetik dan mewah. Dengan begitu keluarga Anda dijamin jadi lebih relax, minim stress dan konflik serta lebih nyaman berada di rumah karena suasana rumah tinggal yang cozy dan menyenangkan bagai liburan di resort tepat di hunian Anda sendiri. Ya, memberi keluarga Anda kebahagiaan dan rasa nyaman di rumah sendiri merupakan salah satu solusi terbaik untuk menunjukkan cinta kasih Anda pada mereka.

Setelah membaca tulisan ini, Anda tentu jadi lebih sadar dan aware betapa pentingnya perencanaan desain rumah bagi kebahagiaan keluarga. Rumah yang minim sekat tak hanya membuat rumah terasa lega dan lapang, tapi juga membuat penghuninya lebih akrab dan terbuka hingga mengurangi rasa stress.

Banyaknya bukaan pada rumah juga tak hanya membuat rumah tampil lebih mewah, tapi juga mengoptimalkan sirkulasi serta masuknya pencahayaan dan penghawaan alami sehingga rumah sekaligus penghuninya jadi lebih sehat (tidak gelap dan lembab). Menambahkan fasilitas olahraga dan entertain serta fasilitas pelengkap lainnya bertujuan untuk membuat keluarga jadi lebih sehat, relax, nyaman, aktif dan bahagia.

Rumah yang seperti ini bisa mengaktifkan dan mengoptimalkan berbagai fungsi keluarga, mulai dari fungsi edukatif, sosialisasi, religious, ekonomi, kasang sayang & rekreasi, keamanan, kesehatan dan masih banyak lagi.

"Tak ada tempat kembali yang lebih baik daripada pulang ke rumah dan bertemu dengan keluarga. Karena itulah Anda perlu merencanakan rumah idaman yang bisa meningkatkan kualitas kehidupan keluarga sekaligus menjadikan rumah sebagai tempat yang paling menyenangkan untuk dituju."

ADIEZ GILANG BANGUN RUMAH ELEGAN DAN MEWAH

Sebelum beranjak pergi, silakan melihat-lihat ribuan desain rumah hasil karya puluhan arsitek sebagai bahan inspirasi bagi Anda dan keluarga.

Desain Rumah Terbaik Bagi Keluarga Tercinta

TIPS & TRIK
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat