Desain Rumah Bali Modern

Desain Rumah Bali Modern

Desain rumah Bali Modern sesuai namanya dapat diartikan sebagai desain rumah Bali versi modern, atau desain rumah Bali yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi modern. Dapat juga diartikan sebagai rumah dengan konsep modern namun mengambil style-style bangunan Bali yang diadopsi dan dikembangkan yang menghasilkan desain rumah baru yang berbeda dari desain rumah modern murni dan juga berbeda dari desain rumah Bali traditional. Desain rumah Bali Modern masih mengangkat estetika khas dari Rumah style Bali seperti ada aturan 3 bagian dari rumah yang diangkat dari filosofi tubuh manusia berupa 3 bagian vertikal yang berbeda yaitu bagian atas (atap sebagai kepala-leher), tengah (dinding, tiang, kusen, jendela, pintu sebagai badan,lengan, dan pinggang), dan bawah (lantai dan pondasi sebagai kaki).

Dengan Perda yang tidak boleh membuat bangunan lebih dari 15 meter atau tinggi 4 lantai, maka Bali tidak dapat membangun secara vertikal dan terpaksa harus menggunakan lahan horizontal setiap kali ada pembangunan rumah ataupun bangunan lainnya. Selain itu, ditopang dengan derasnya pembangunan perhotelan, tempat rekreasi, tempat bisnis, dan pariwisata alhasil membuat harga lahan di Bali melambung tinggi dengan cepat dan relatif tidak dapat dikejar oleh masyarakat Bali terutama yang berprofesi sebagai karyawan. Bali yang merupakan pulau kecil dengan 4 jutaan penduduk pada satu titik akan mencapai overload atau kehabisan pasokan lahan dan tentu akan menimbulkan kesulitan apabila tetap menggunakan kaidah-kaidah bangunan traditional Bali. Berbeda dengan Bali Traditional yang memiliki 3 area horizontal (Utama, Madya, Nista) dan memerlukan lahan yang luas, maka desain rumah Bali Modern hadir sebagai solusi dari hal yang tak terpikirkan oleh leluhur zaman dulu, yaitu keterbatasan tanah dan mahalnya lahan.

Desain-desain Bali Modern kini berfokus pada kebutuhan, efisiensi, tingkat kepraktisan, kesederhanaan bentuk (unsur minimalis), peningkatan estetika, menghindari ornamen rumit, dan adaptasi yang tinggi terhadap lokasi bangunan, teknologi yang menguntungkan, dan ketersediaan material namun tetap menggunakan beberapa konsep traditional yang dapat diakomodir dalam desain modern. Desain Bali Modern style Emporio Architect dapat digunakan untuk lahan-lahan terbatas bahkan lahan kurang dari 100m2. Desain rumah versi ini juga mengadopsi style-style villa pada jendela dan pintu sliding dan tata lampu ala resort yang membuat suasana villa yang kental.

Style Emporio Architect masih mengambil konsep 3 bagian, 3 yang filosofinya melambangkan atas, tengah, dan bawah, keseimbangan antara Manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesamanya, manusia dengan alam, seperti misalnya rumah yang memiliki atap sebagai kepala, dan ada pepalihan sebagai lehernya. Ada badan rumah dan pilar-pilar yang melambangkan badan dengan lengan yang kekar, dan pondasi yang melambangkan kaki yang kokoh menopang badannya. Emporio Architect terbuka dengan permintaan klien untuk membangun tempat/ruang beribadah dalam rumahnya, apapun agamanya dapat disesuaikan untuk konsep harmonis dengan Tuhan, kemudian hubungan antar ruang dimana ruang tamu, ruang keluarga/nonton, ruang makan, dapur, tidak dipisahkan oleh sekat permanen membuat aktivitas keluarga terhubung menjadi satu "all connected together" untuk konsep harmonis dengan sesama, dan jika mencukupi juga terkoneksi langsung menuju taman atau kolam renang, dimana pintu folding ataupun sliding pemisah antara ruang makan/ruang keluarga dengan taman dan kolam reanang dapat dibuka lebar dan BRAVO! Anda memiliki ruang extra luas "menyentuh alam bersama keluarga" sebagai konsep harmonis dengan alam.

Villa Bali Modern

Desain Bali Modern versi Emporio Architect adalah sebuah trik "Mix everything Good in harmony", meski baru berjalan kurang lebih 8 tahun, pengembangan konsep Bali Modern style Emporio Architect terus dilakukan. Style ini memiliki keleluasaan dalam menentukan material dan teknologi yang berkembang, berbeda halnya  dalam desain traditional dimana Anda harus menggunakan bahan yang tetap seperti bata merah, paras, kayu, bambu, alang2/ijuk, dsb.nya. Dengan perkembangannya, material-material ini tidak selalu eksis dan kadang harganya tidak murah dan memberatkan, disamping itu material seperti kayu hanya akan meningkatkan penggundulan hutan. Dalam desain Bali Modern, kayu tetap dipertahankan tapi tidak harus menggunakan kayu asli, Anda dapat menggunakan aluminium lapis kayu, cat bercorak kayu, dan kayu sintetis yang mana lebih tahan terhadap cuaca dibanding kayu asli karena faktor kayu zaman sekarang yang lebih banyak berusia muda dan mudah pecah, pilar kayu pun digantikan dengan baja dan beton lalu diselimuti oleh bebatuan seperti batu palimanan yang menciptakan kesan kokoh dan jika pengerjaan kontruksinya benar, pasti ya kokoh. Rangka atap yang biasanya menggunakan kayu/bambu dapat digantikan oleh baja ringan, dan atap ijuk/ilalang/genteng tanah dapat digantikan oleh genteng plat untuk alasan estetika dan agar stylenya dapat mix dengan bagian tengah dan bawah. Berbeda halnya dengan desain Bali modern yang biasanya 1 lantai, desain Bali Modern dapat diatur untuk lebih dari 1 lantai sehingga dapat menghemat area atau space.

Villa Bali Modern

Untuk taman, biasanya menggunakan tanaman jepun Bali yang sudah mendunia sebagai tanaman wajib di hotel-hotel dan resort kelas atas. Rerumputan yang asri seperti rumput gajah ataupun rumput jepang juga bagus dimana akan memberikan suasana yang asri dan elegan. Pisang hias juga cocok dijadikan hiasan pinggir kolam renang antara kolam dan dinding halaman. Jika lahan cukup luas, maka menambahkan Gazebo dekat kolam renang adalah ide yang bagus sebagai tempat bersantai (di Bali kita menyebutnya bale bengong, mungkin karena tempat itu paling bagus untuk merenung tentang arti kehidupan dan rileksasi hehehe...), Tidak lupa juga, jika memungkinkan tambahkan angkul-angkul (pintu gerbang ala Bali) versi modern yang dibalut dengan batu Jogja Putih atau Palimanan sebagai ungkapan selamat datang yang ramah pada tamu Anda atau bahkan pada diri Anda sendiri.

 

Desain Bali Modern terus berkembang dan kami Emporio Architect akan terus menciptakan karya-karya yang mengangkat berbagai kebaikan dari segala penjuru arah untuk menjadi inspirasi kami dalam berkarya dan bereksplorasi dalam desain Bali Modern. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami.

 

Hormat kami,

Emporio Architect.

http://www.emporioarchitect.com/img/portofolio/jasa-arsitek-desain-ubud-golden-villa.jpg