Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Daftar Istilah Arsitektur dan Sipil

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
AAMA

Architectural Manufactures Association.

AANWIJZING

Rapat perdana yang hadir yaitu owner, konsultan dan para kontraktor yang telah lolos seleksi untuk mengikuti tender.

ABSOLUTE VOLUME

Volume keseluruhan dari partikel, meliputi volume ruang-ruang hampa, volume dari suatu kandungan beton dan bahan perekat.

ABSORBED MOISTURE

Kelembaban yang telah memasuki suatu benda padat dengan penyerapan dan memiliki ciri-ciri fisik yang tak berbeda dengan air biasa pada suhu dan tekanan yang sama.

ACETONE

Larutan yang mudah terbakar dan mudah menguap, yang digunakan untuk larutan penghapus cat.

ADDENDUME

Dalam proyek konstruksi istilah ini menandakan adanya biaya, jadwal dan waktu pelaksanaan yang berobah atau bertambah diluar kontrak.

ADDITIF

Bahan kimia tambahan yang dicampurkan pada adukan beton, dengan tujuan mempercepat pengerasan beton dan/atau mempertinggi kekuatan beton (pada konstruksi beton).

AGGLE PADDLE

Alat genggam yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permukaan yang berplaster (Biasa di sebut Mistar).

AGGREGATE

Benda butiran seperti pasir buatan, kerikil, kerikil belah, batu belah, mika alami, dan logam serpihan panas yang dingin oleh udara, yang bila disatukan menjadi massa konglomerat dengan suatu metric yang membentuk beton atau mortar.

AGLOMERASI

Penggabungan beberapa kota yang berdekatan menjadi satu kota metropolitan. Di Indonesia: Jabodetabek (Jakarta - Bogor - Tangerang - Depok - Bekasi).

AISC

American Institute of Steel Construction Specification.

ALABASTER

Batu pualam berwarna putih.

ALING-ALING

Dinding yang berdiri tepat setelah angkul-angkul dan berfungsi bagaikan partisi pada pekarangan rumah tradisional Bali. Aling-aling dipercaya dapat menghalangi aura negatif agar tidak masuk ke dalam pekarangan rumah.

ALL CONCRETE

Beton kuat yang digunakan untuk bangunan. Ornamen pada struktur kerangka non beton merupakan beton yang tampak digunakan untuk kepentingan astesis.

ALLOY

Campuran (metal/logam).

AMALGAM

Campuran (logam).

AMORPHOUS

Tanpa bentuk (tak beraturan).

ANALISA SISTEM

Proses mempelajari suatu aktifitas secara tipikal dengan cara sistematis untuk menentukan tujuan akhir essensialnya dan bagaimana hal ini mungkin dicapai secara paling efisien.

ANCHOR BLOCK

Balok kayu yang menggantikan bata dalam sebuah dinding tembok.

ANCONE

Siku atau konsol berikal yang menopang tonjolan atau cetakan pada jendela.

ANCOR

Balok kayu yang menggantikan bata dalam sebuah dinding tembok untuk memberikan suatu bagian.

ANGKUL-ANGKUL

Bangunan tradisional Bali yang terletak di depan rumah bagaikan gapura, berfungsi layaknya pintu gerbang atau gapura pada rumah berkonsep tradisional di Bali.

ANGLE

Sudut.

ANGLE PADDLE

Alat genggam yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permukaan berplaster.

ANNEALING

Proses pemegangan atau penguatan suatu material pada suhu yang dinaikkan tetapi di bawah titik leburnya untuk memudahkan peralatan tekanan pada material tersebut.

ANSI

American National Standard Institute.

ANTEFIKS

Papan tegak yang digunakan pada Arsitektur klasik dan merupakan tambahan untuk menutup bagian yang terbuka pada deretan ubin-ubin yang menutup sambungan-sambungan genteng dan hiasan yang sama pada tepian atap.

ANTHROPOMORPHIC

Berdasarkan skala/ norma manusia.

APSE

Bagian gereja yang menonjol dan berbentuk lengkung.

AQNCON

Siku atau konsol berikal yang menopang tonjolan.

ARBITER

Orang yang ditunjuk atas kesepakatan pengguna jasa dan penyedia jasa, atau ditunjuk oleh pengadilan negeri, atau ditunjuk oleh lembaga arbitrase, untuk memberikan putusan mengenai sengketa tertentu yang diserahkan penyelesaiannya melalui arbitrase [Kepmen Kimpraswil No. 257/KPTS/M/2004].

ARCADE

Garis pada lengkung yang berlawanan pada kolam-kolam. Lorong yang tertutup dengan garis pada lengkung-lengkung di sepanjang lorong itu atau di kedua sisinya. Lorong pada toko-toko atau kantor di satu sisinya. Lorong yang beratap yang segaris dengan bagian depan toko-toko atau kantor-kantor.

ARCH

Konstruksi lengkung yang merentangi pintu biasanya terdiri dari blok-blok yang berbentuk biji yang disebut voussioir atau bagian struktur lengkung tajam yang ditopang pada sisi atau ujungnya.

ARCHITECTONIC

Arsitektonik, hal yang berhubungan, selaras atau menyesuaikan dengan kaidah arsitektural.

ARCHITECTURAL CONCRETE

Beton kuat yang digunakan untuk bangunan dan ornament. Pada struktur-struktur kerangka non beton, merupakan beton yang tampak digunakan untuk kepentingan astetis.

ARCHITECTURAL PROGRAMMING

Sebuah proses yang menjurus kepada pernyataan masalah arsitektural dan kebutuhan harus dipenuhi dalam mengajukan pemecahan.

ARE

Satuan ukuran luas (= 100 m2).

ARM CHAIR

Kursi dengan sandaran tangan di kanan dan kiri.

ARMATUR

Rumah tempat lampu.

ARRIS FILLET

Sepotong kayu segitiga yang digunakan untuk mengganjal atau menaikkan ubin atau batu tulis atap berlawanan dengan poros cerobong, untuk membuang air hujan secara efektif.

ARRISFILLET DOUBLING PICCE

Sepotong kayu segitiga yang digunakan untuk mengganjal atau menaikkan ubin atau batu tulis.

ARSITEK

Orang yang ahli dalam perencanaan kota atau Bangunan baik mikro maupun makro.

ARSITEKTUR

Ilmu seni yang mempelajari tentang perencanaan bangunan, dan memadukan kesenian dan buda.

ARSITEKTURAL VERNAKULER

Arsitektur modern yang mengacu pada tradisi, budaya lingkungan termasuk iklim di mana bangunan didirikan.

ART DECO

Sebuah aliran/paham desain yang populer dari 1920 hingga 1939, yang berpengaruh pada seni dekoratif seperti arsitektur, desain industri, maupun seni visual seperti seni lukis, fashion, seni grafis, dan film. Dapat dikatakan bahwa aliran ini gabungan dari berbagai gaya dan gerakan pada awal abad ke-20, termasuk Konstruksionisme, Kubisme, Modernisme, Bauhaus, Art Nouveau, dan Futurisme. Popularitasnya memuncak pada 1920-an. Meskipun banyak gerakan desain mempunyai akar atau maksud politik atau filsafati, Art Deco murni bersifat dekoratif. Pada masa itu, gaya ini dianggap anggun, fungsional, dan ultra modern.

ARTEFAK

Situs bangunan kuno bersejarah.

ARTWORK

Karya seni, ciptaan artistik atau benda yang memiliki nilai estetika dan umumnya berfungsi meberi efek keindahan pada bangunan, bisa berupa lukisan, pajangan dan lainnya.

AS BUILT DRAWING

Gambar sesuai realisasi sebuah bangunan yang telah selesai, jadi As Built Drawing dapat kita buat setelah proyek konstruksi selesai kita kerjakan.

ASAS

Hukum dasar suatu kebenaran yang menjadi pokok alasan. Prinsip dasar, pedoman pokok.

ASBESTOS STRUCTURAL ROOFING

Papan semen asbes berat yang secara langsung ditopang oleh kerangka atap, yang membentuk geladak atap dan membersihkan permukaan atap selama pemakaian.

ASEISMIC DESIGN

Perancangan aseismik. Perancangan bangunan dengan struktur yang tahan gempa bumi ataupun goncangan keras lainnya.

ASTM

American Society for Testing and Materials.

ASUMSI

Perhitungan dengan cara taksir atau perkiraan.

ATAK

Susunan sesuatu berdasarkan rencana gambaran atau bentuk sesuatu, misalnya atak sebuah pabrik surat kabar atau halaman majalah.

ATAP BONNET

Atap berbentuk limas terpancung yang biasanya terdapat di Jawa. Atap Bonnet berbentuk trapesium dan curam di bagian puncak lalu landai di bagian tepi. Umumnya ditemui pada bangunan bernuansa etnis. Nama lainnya adalah atap Joglo.

ATAP DATAR

Atap yang terlihat datar walau tidak 100% datar karena permukaannya dibuat sedikit miring sehingga mampu menyalurkan air hujan ke lubang talang. Atap datar umumnya ditemui pada bangunan b ergaya modern minimalis dan bisa difungsikan sebagai rooftop. 

ATAP KUBAH

Atap yang melengkung setengah bulatan, umumnya digunakan pada rumah, stadion, kantor, masjid, gereja hingga kuil.

ATAP LIMAS

Penyempurnaan atap pelana, memiliki 4 bidang miring dengan 2 bidang berbentuk segitiga dan 2 bidang berbentuk trapesium. Atap limas mudah ditemui di Indonesia dan mampu memberi perlindungan dari kondisi cuaca dengan lebih merata di tiap sisi bangunan.

ATAP MANSARD

Atap dengan empat sisi yang kemiringannya terbatas di puncak dan curam di dasar. Atap mansard umumnya ditemukan pada rumah di Eropa, berbentuk unik dan mampu memaksimalkan penggunaan lahan dengan menciptakan loteng.

ATAP MENARA

Atap dengan empat bidang miring atau lebih, yang bertemu di satu titik pada bagian atas dengan puncak yang mengerucut dan lancip. Umumnya ditemui pada menara masjid dan gereja.

ATAP PELANA

Jenis atap dengan sudut puncak yang sangat tajam kemiringannya. Atap ini tersusun atas dua bidang miring dengan bagian tepi atasnya bertemu pada satu garis pertemuan sehingga terlihat menyerupai pelana kuda

ATAP SANDAR

Atap berbentuk sebuah bidang miring dengan bagian tepi atasnya menempel pada dinding bangunan, dimana salah satu sisi dinding lebih tinggi dari dinding lainnya. Atap jenis ini dapat ditemui pada bangunan bergaya modern maupun minimalis. Nama lainnya adalah atap miring.

ATAP TONGKONAN

Atap tongkonan merupakan atap pada rumah adat tongkonan milik suku Toraja. Atap tongkonan berbentuk melengkung serupa perahu serta memiliki ornamen dan motif tertentu.

ATAP TUMPANG

Atap yang bersusun semakin ke atas semakin kecil dengan tingkat paling atas berbentuk limas. Orang awam mengenal model atap ini sebagai atap wantilan.

ATELIER

Studio, workshop, tempat bekerja menghasilkan karya seni.

ATHWART

Posisi/arah melintang.

AUTOBAHN

Jalan khusus untuk kendaraan bermotor, jalan raya.

AUTOCAD

Program aplikasi CAD untuk membuat gambar.

AWNING

Payung jendela/bovenlight/pintu rumah.

AXIS POROS

Sumbu

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Sumber Info : Sandy FG Tiyatasloulo, Sugeng Rahardjo, Glosarium.org, Wikipedia, KBBI
DESAIN RUMAH TERBAIK:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Bali, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6282297858081
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
Chat Konsultasi