Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Daftar Istilah Arsitektur dan Sipil - Awalan Huruf R

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
RAB

Singkatan dari Rancangan Anggaran Biaya, umumnya berupa berkas atau file berisi perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk melaksanakan proyek dan dijadikan dasar memilih kontraktor dan material bangunan. Dengan adanya RAB, pembengkakan biaya bisa diminimalisir dan pekerjaan konstruksi pun akan lebih terkontrol. Bertujuan untuk mengajukan penawaran harga pekerjaan proyek konstruksi.

RAILING

Konstruksi pada tangga mapun balkon yang menjadi pegangan sekaligus pembatas. Fungsi railing adalah sebagai alat pengaman dan penyangga di tangga, balkon, void atau rooftop.

RAMP

Suatu bidang miring yang menghubungkan dua ketinggian yang berbeda dengan sudut kemiringan tertentu (lebih landai dari kemiringan tangga). Bidang miring pada lantai yang berfungsi sebagai jalur servis untuk mobilisasi. Sudut kemiringan idealnya adalah 10 derajat.

RAP (RENCANA ANGGARAN PELAKSANA)

Sebagai budget pelaksanaan proyek.

RASIONAL

Kesimpulan yang memungkinkan seorang mengerti dunia sekitarnya dan menghubungkan pengetahuan demikian kepada pencapaian goal.

RASIONIL

Kekuatan membuat, menyimpulkan, logis dan menarik.

READING NOOK

Area duduk di sekitar jendela dan digunakan untuk membaca. Reading nook umumnya berupa dudukan seperti sofa atau tatami yang diletakkan tepat di sebelah jendela dengan rak buku di sekelilingnya. Reading nook dapat menjadi alternatif ruang baca minimalis.

REDUKTIONISME

Sebuah prosedur atau teori yang menyederhanakan data atau fenomena yang sulit.

REGISTRASI

Kegiatan untuk menentukan kompetensi profesi keahlian dan keterampilan tertentu, orang perseorangan dan badan usaha untuk menentukan ijin usaha sesuai klasifikasi dan kualifikasi yang diwujudkan dalam sertifikat [Kepmen Kimpraswil No. 257/KPTS/M/2004}.

REGULAR

Proses pemindahan dana (transaksi) yang berlaku melalui Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia, umumnya 3 bulan setelah Invoice.

REHABILITASI

Kegiatan menghidupjan-kembali kegiatan asli di suatu lingkungan yang telah ditinggalkan penghuninya.

REKONSTRUKSI

Kegiatan membangun-kembali suatu lingkungan atau benda cagar-budaya yang sebagian besar telah hancur tidak berbentuk lagi.

RENCANA

Rekaan terhadap sesuatu yang dikerjakan.

RENCANA KUSEN

Memperlihatkan denah beserta simbol-simbol yang merujuk pada letak kusen atau bukaan pada suatu lantai serta jenis atau type kusen yang digunakan

RENCANA PELANTAIAN

Menunjukkan rencana perletakan material penutup lantai, lengkap dengan pola penyusunannya, jenis, dimensi serta warna material yang digunakan hingga elevasi lantai

RENCANA PLAFON

Memperlihatkan rencana perletakan berbagai komponen rangka plafond pada tiap lantai bangunan, lengkap dengan ukuran, skala dan nama material penyusun rangka plafon.

RENCANA TANGGAL PENYELESAIAN

Tanggal yang direncanakan kontraktor untuk menyelesaikan pekerjaan. Rencana tanggal penyelesaian disebutkan dalam Data Kontrak. Rencana tanggal penyelesaian dapat direvisi oleh Direksi Pekerjaan dengan menerbitkan suatu perpanjangan waktu atau perintah percepatan.

RENDER

Proses mengedit dan menambahkan tekstur, pencahayaan, dan lain sebagainya pada 3D modelling sehingga menjadi wujud yang lebih realistis menggunakan bantuan software. 3D modelling yang dirender tampil lebih nyata bagai potret langsung bangunan ketika sudah jadi.

RENOVASI

Kegiatan membangun-kembali lingkungan, bangunan atau benda ke kondisi yang menyerupai awalnya, yang lebih baik dan lebih lengkap untuk pemakaian yang sama atau berbeda dari semula.

RESOLUSI

Proses penyederhanaan ke dalam bentuk yang lebih sederhana, seni menganalisa atau merubah ide yang rumit menjadi lebih sederhana atau menjadi elemen.

RESTORASI

Kegiatan mengembalikan lingkungan, bangunan atau benda cagar-budaya ke kondisi awalnya secara lengkap dan utuh untuk pemakaian yang sama seperti semula.

RETENSI

Masa pemeliharaan bangunan sebelum diserah-terimakan kepada owner, yaitu sesuai masa yang yang telah ditetapkan dalam kontrak.

REVITALISASI

Kegiatan memodifikasi suatu lingkungan atau benda cagar-budaya untuk pemakaian baru.

RKS

Rencana Kerja dan Syarat-syarat.

ROOFTOP

Teras yang berada di bagian atap atau bagian paling atas apda bangunan. Rooftop bisa sepenuhnya terbuka dan boleh juga diberi kanopi. Rooftop boleh dihias dengan berbagai perabot agar indah dan nyaman sehingga bisa difungsikan sebagai area santai.

ROOSTER

Lubang pada dinding pembatas yang berfungsi sebagai tempat untu sirkulasi udara di dalam ruangan sehingga udara dalam ruangan tetap segar.

RUANG

Sela-sela yang berada di antara dua tiang atau lebih - rongga yang dibatasi oleh atau dikelilingi oleh bidang. - rongga yang tidak terbatas dan merupakan tempat segala sesuatu yang ada. 

RUMAH TUMBUH

Tempat tinggal yang dirancang untuk pembangunan secara bertahap (tidak langsung jadi semuanya), disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan sang pemilik rumah.

RUSTIC

Sebuah konsep desain yang menimbulkan suasana gelap-terang pada tembok dan memberi kesan natural atau alami pada rumah.

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Sumber Info : Sandy FG Tiyatasloulo, Sugeng Rahardjo, Glosarium.org, Wikipedia, KBBI
DESAIN RUMAH TERBAIK:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6282297858081
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek