Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Daftar Istilah Arsitektur dan Sipil - Awalan Huruf K

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
K3

Kesehatan dan Keselamtan Kerja.

KAIDAH

Rumusan dari asas-asas, aturan yang pasti, tteori-teori yang benar sebagai patokan, panutan ketentuan hukum.

KAMPROT

Plesteran kasar tanpa acian.

KANOPI

Atap semi-permanen yang terbuat dari kain, logam, kaca, seng, dan lain sebagainya yang disangga dengan tiang dan umumnya dipasang di carport, balkon, taman maupun rooftop.

KANTILEVER

Bagian bangunan yang menggantung tanpa kolom dimana hanya tiang atau dinding yang menjadi penyangga. Kantilever dibuat menonjol keluar dari bangunan utama serta dibangun tegak lurus dengan dukungan penyangga di salah satu sisi saja.

KARAKTERISTIK PEMAKAI

Kualitas fisik, social, emosional, dan elektual yang mencirikan para pemakai dan mempengaruhi pola-pola tingkah laku mereka.

KAYU ALBASIAH

Nama lain dari kayu sengon. nama lainnya lagi adalah jeunjing, jeunjing laut (sunda), kalbi, sengon landi, sengon laut, atau sengon sabrang (jawa). Kayu sengon digunakan untuk tiang bangunan rumah, papan peti kemas, peti kas, perabotan rumah tangga, pagar, tangkai dan kotak korek api, pulp, kertas dan lain-lainnya.

KDB

Akronim dari Koefisien Dasar Bangunan, merupakan angka persentase perbandingan antara luas lantai dasar bangunan terhadap total luas lahan. Sederhananya, jika KLB menentukan jumlah lantai/tingkatan bangunan, maka KDB menjadi penentu besaran lantai dasar bangunan.

KEADAPTASIAN

Tingkat dimana organisasi dapat dan benar-benar tanggap terhadap perubahan internal dan eksternal.

KEBIJAKAN

Garis haluan, rangkaian konsep dan asas yang menjadi garis besar dan rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan dan kepemimpinan.

KEBIJAKSANAAN

Kepandaian menggunakan akal budi dan pengalaman.

KEBUDAYAAN

Hasil kegiatan dan penciptaan batin atau akal budi manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat.

KEDAP

Tidak tembus cahaya.

KEGAGALAN BANGUNAN

Keadaan bangunan, yang setelah diserahterimakan oleh penyedia jasa kepada pengguna jasa menjadi tidak berfungsi, baik secara keseluruhan maupun sebagian dan/atau tidak sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam kontrak, dari segi teknis, manfaat, keselamatan dan kesehatan kerja, dan/atau keselamatan umum [Kepmen Kimpraswil No. 257/KPTS/M/2004].

KEPALA KANTOR / SATUAN KERJA

Pejabat struktural yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pengadaan jasa pelaksanaan konstruksi yang dibiayai dari dana anggaran belanja rutin APBN [Kepmen Kimpraswil No. 257/KPTS/M/2004].

KEPUASAN

Ukuran yang serupa untuk menunjukkan tingkat dimana organisasi memenuhi kebutuhan karyawannya.

KERANGKA KERJA

Kumpulan hubungan-hubungan yang sistematis.

KESAN

Sesuatu yang terlukis dalam ingatan setelah melihat atau mendengar atau merasakan dan menimbulkan perasaan hampa, senang atau bosan.

KESIMPULAN

Pendapat akhir yang berdasarkan uraian sebelumya,§Ringkasan sebuah uraian,§Keputusan yang didapat berdasarkan metode berfikir indutif dan deduktif.

KESIMPULAN DISJUNGTIF

Keputusan yang berdasarkan kepada beberapa kemungkinan atas kebenaran pernyataan tetapi hanya satu pernyataan yang benar.

KESIMPULAN HYPOTESIS

Kesimpulan yang kebenarannya berdasarkan pada satu kriteria tertentu.

KESIMPULAN KATEGORIAL

Kesimpulan yang kebenarannya berdasarkan pada satu kriteria apapun.

KESIMPULAN PARTIKULIR

Kesimpulan yang terbatas hanya untuk bagian lingkungan dari suatu objek.

KESIMPULAN TUNGGAL

Keputusan yang nilai kebenarannyahanya tepat satu jenis objek saja.

KESIMPULAN UNIVERSAL

Kesimpulan yang lingkup kebenarannya bersifat menyeluruh.

KIAT

Akal, taktik.

KLARIFIKASI

Memaparkan atau memberi penjelasan dengan alasan yang kuat mengenai gambar desain, spesifikasi bahan bangunan dan perhitungan volume pekerjaan.

KLASIFIKASI

Bagian kegiatan registrasi untuk menetapkan penggolongan usaha di bidang jasa konstruksi menurut bidang dan subbidang pekerjaan atau penggolongan profesi keterampilan dan keahlian kerja orang perseorangan di bidang jasa konstruksi menurut disiplin keilmuan dan atau keterampilan tertentu dan atau kefungsian dan atau keahlian tertentu [Kepmen Kimpraswil No. 257/KPTS/M/2004].

KLB

Singkatan dari Koefisien Lantai Bangunan, merupakan angka persentase perbandingan antara jumlah seluruh luasan lantai bangunan yang dapat dibangun dengan luas lahan. KLB membatasi luas lantai yang bisa dibangun pada suatu lahan dan secara otomatis menjadi penentu berapa kiranya jumlah lantai yang bisa dibangun pada satu bangunan.

KOLOM

Struktur membujur pada bangunan yang menerima beban dari balok dan kemudian menyalurkannya ke pondasi. Dalam bangunan, kolom merupakan bagian vertikal pada struktur yang bagi orang awam terlihat sebagai bagian menonjol dari dinding, bisa juga berupa pilar. Mendukung beban vertikal yang menyalurkan ke dalam tanah melalui pondasi. Menahan beban horizontal akibat gaya lateral dengan membuat kekuatan bersama-sama unsure horizontal.

KONFLIK FUNGSIONAL

Jika hasil suatu konflik atau pertentangan antar individu/kelompok terbukti bermanfaat bagi organisasi maka dilihat dari sudut pandang hal ini pada konflik fungsional.

KONFLIK NONFUNGSIONAL

Pertentangan yang merintangi prestasi tujuan organisasi.

KONSEP

Ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa atau sesuatu yang konkrit, Surat dan sebagainya, perancangan, buram, Gambaran mentl suatu objek proses atau apapun yang berada di luar bahasa yang dulu digunakan akal budi untuk memahami masalah.

KONSEPSI

Pengertian, pendapat, daya piker, rancangan sesuatu yang telah ada dalam pemikiran.

KONSERVASI

Kegiatan mengamankan lingkungan, bangunan atau benda cagar-budaya dari segala gangguan yang berpotensi menggagalkan kegiatan Preservasi.

KONSILIATOR

Orang yang ditunjuk atas kesepakatan pengguna jasa dan penyedia jasa untuk menyelesaikan perselisihan pada kesempatan keduac[Kepmen Kimpraswil No. 257/KPTS/M/2004].

KONSTRUKSI

Tata letak suatu susunan model/poros cara pembuatan bangunan.

KONSTRUKSI BANGUNAN

Bagian dari elemen struktur bangunan yang secara utuh mendukung berfungsinya efektifitas yang terjadi padanya.

KONSULTAN

Perorangan atau badan/organisasi yang mendapat tugas dari owner untuk melaksanakan perencanaan dan perancangan bangunan.

KONTEMPORER

Gaya desain yang mengikuti tren yang sedang berlangsung.

KONTRAK

Perikatan hukum antara pengguna jasa dengan penyedia jasa dalam pelaksanaan pengadaan jasa [Kepmen Kimpraswil No.257/KPTS/M/2004].

KONTRAK KERJA KONSTRUKSI

Keseluruhan dokumen yang mengatur hubungan hukum antara pengguna jasa dan penyedia jasa dalam penyelenggaraan pekerjaan konstruksi [Undang-Undang No. 18 Tahun 1999].

KONTRAK LUMP SUM

Perjanjian pengadaan barang/jasa dengan menetapkan jumlah nilai borongan yang pasti dan tetap, dengan segala kemungkinan terjadi resikonya.

KONTRAK UNIT PRICE

Perjanjian pengadaan barang/jasa dengan menetapkan harga satuan sebagai pengikat, sementara jumlah nilai borongan dapat berobah kemudian hari.

KONTRAKTOR

Orang atau badan usaha yang penawarannya untuk melaksanakan pekerjaan telah diterima oleh pemilik.

KONTUR

Garis kemiringan tanah pada suatu peta yang menghubungkan titik-titik atau suatu yang mempunyai ketinggian sama, menunjukkan seberapa besar kemiringan tanah/bumi.

KORIDOR

Selasar berarti lorong di dalam rumah; lorong yang menghubungkan satu gedung dengan gedung lainnya. Dalam arsitektur, koridor dapat berada di dalam maupun luar bangunan dan berfungsi sebagai penghubung antar ruang.

KUALIFIKASI

Bagian kegiatan registrasi untuk menetapkan penggolongan usaha di bidang jasa konstruksi menurut tingkat/kedalaman kompetensi dan kemampuan usaha, atau penggolongan profesi keterampilan dan keahlian kerja orang perseorangan di bidang jasa konstruksi menurut tingkat/kedalaman kompetensi dan kemampuan profesi dan keahlian [Kepmen Kimpraswil No. 257/KPTS/M/2004].

KUNCI RAMBUNCIS

Kunci dengan sistem kait.

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Sumber Info : Sandy FG Tiyatasloulo, Sugeng Rahardjo, Glosarium.org, Wikipedia, KBBI
DESAIN RUMAH TERBAIK:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6282297858081
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek